Kemdikbud Buka Pendaftaran UNP

1
1. Dok/ Bengkulu Ekspress
Siswa saat sedang mengikuti ujian nasional (UN). Bbagi siswa yang mendapatkan nilai rendah dapat emperbaiki nilainya dengan mendaftar menjadi peserta ujian nasional perbaikan (UNP) yang kini telah dibuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Ini informasi penting bagi pelajar Bengkulu, yang ingin memperbaiki nilai hasil ujian nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka pendaftaran ujian nasional perbaikan (UNP) 2018. Ketua Panitia Ujian Nasional Provinsi Bengkulu R Wahyu DP menuturkan, pembukaan pendaftaran UNP ditutup pada 6 Juli 2018.



”Pendaftaran UNP diperuntukkan bagi peserta UN tahun ajaran 2016/2017 dan 2017/2018 yang belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan. Jika ada siswa tamatan tahun lalu yang mendaftar secara otomatis akan terhapus,” jelas Wahyu.

Pendaftar UNP, bebernya, diperbolehkan untuk pendidikan tamatan SMA dan SMK meski ada beberapa siswa dari tamatan paket C. Para peserta yang berminat melakukan UNP masih memiliki kesempatan sekitar 16 hari lagi, tepat 6 Juli 2018, sistem pendaftaran UNP ditutup Kemdikbud. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman http://unp.kemdikbud.go.id.

Terkait soal UNP, kompetensi soalnya sama degan pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun ini, dan sebelum pelaksanaan ujian berlagsung, calon peserta akan diberikan simulasi pengerjaan soal-soal UN, biasanya akan ada jadwal simulasi. Lokasi pelaksanaan UNP masih menunggu usulan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten/kota. Diperkirakan tetap menggunakan sarana dan prasarana pelaksanaan UN online baru-baru ini. (247)