Kembangkan Sayuran Dipekarangan

Benteng,BE – Petani di Desa Srikaton rupanya cukup kreatif, dalam memanfaatkan lahan di depan rumah mereka. Dengan menanami berbagai jenis sayuran yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Sayuran itu meliputi Kol, Cabe, Kacang-kacangan dan sawi. Budidaya sayur ini mulai dikembangkan, setelah turunnya bantuan pembudidayaan dari BKP melalui Program Kelompok Tani Wanita.

Seperti dikemukakan Nilawati, Anggota PKK Desa Srikaton, kegiatan ini sudah berjalan 8 bulan dan mendapat dukungan penuh dari Kepala desa Srikaton.

“Ini sudah berjalan 8 bulan. Alhamdulillah dapat support dari BKP dan Kades. Sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan hasilnya sudah bisa dipetik,” ujar Nila.

Nila mengatakan, bila kegiatan ini hanya memanfaatkan segelintir lahan yang ada di pekarangan atau depan rumah. Sehingga tidak begitu menyita lahan dan dapat dikerjakan warga dikala senggang. Selain itu, kata Nila potensi hasilnya cukup lumayan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sayuran warga. Bahkan ada juga hasilnya bisa dijual.

“Hampir setiap bulan kami panen, terutama tanaman jenis Kol, dan sayuran-sayuran. Tanaman konsumsi ini cukup berhasil dikembangkan di pekarangan. Sehingga untuk keperluan sayursehari-hari, tak perlu lagi ke pasar,” tandas Nila, yang asli Jawa ini.

Hasil pengembangan sayuran ini juga dikembangkan di beberapa pekarangan warga. Sehingga kegiatan ini cukup mendapat respon dari masyarakat. (122)