Kembangkan Potensi Desa

foto:IST

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur, meminta badan usaha milik desa (BUMDes) yang ada di desa-desa itu untuk mengembangkan potensi di masing-masing desa. Dimana saat ini dari 192 desa di Kaur sudah 90 Desa memiliki BUMDes dengan usaha yang dikembangkan bermacam-macam.

“Sudah ada sekitar 90 desa memiliki BUMDes, dengan berbagai jenis usaha seperti penyewaan alat tebda, pembuatan makanan ringan, air galon dan lainnya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur Asmawi S Ag MH melalui Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Tardi Setiawan Ssos, Rabu (10/4).

Dikatakan Tardi, prosedur pendirian BUMDes ini sebenarnya tidaklah sulit. Semua prosesnya dipermudah. Bahkan jika kekurangan modal, boleh diambil dari dana desa. Tapi tentunya diambil dari alokasi pemberdayaan. Juga untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa masing-masing, pihaknya dalam setiap pertemuan dengan kepala desa terus memberikan dorongan agar mereka bisa mengembangkan usahanya berdasarkan potensi yang ada di desa. Potensi yang bisa dikembangkan di Kabupaten Kaur sesuai dengan keadaan geografisnya diantaranya bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan sektor pariwisata.



“Keberadan BUMdes ini sangat membantu masyarakat, karena dengan BUMDes ini bisa menyerap tenaga kerja dan memberikan kesejahteraan masyarakat banyak,” terangnya.

Tardi menambahkan, masih banyak desa yang belum membentuk BUMDes dan masih banyak kepala desa yang belum faham terkait program prioritas tersebut. Untuk itu bagi desa yang belum memiliki BUMDes segera membentuk, dan juga Kades berperan aktif dalam mengelola dan mengembangkan BUMDes tersebut.  “BUMDes ini sangat bergantung peran aktif kades, karenanya saya berharap Kades dapat mengoptimalkan keberadaan BUMDes dan yang belum bentuk BUMDes segera dibentuk,” harapnya.(618)