Kembangkan Pariwisata, Bangun Jalan 2 Jalur

Dodi Irawan ST

Lebong, Bengkulu Ekspress – Untuk mendukung dan menunjang peningkatan pariwisata di kawasan Lebong Selatan, tepatnya di kawasan Danau Tes. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPRP) akan membangun jalan 2 jalur dimulai dari simpang Tes hingga Air Pauh sepanjang 8 kilometer dengan dana sebesar Rp 30 miliar.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas PUPRP Lebong, Jafri SSos melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dodi Irawan ST mengatakan, bahwa akan dibukanya jalan 2 jalur di kawasan danau Tes merupakan salah satu wujud untuk mendukung peningkatan pariwisata Lebong.

“Dengan mengambil konsep kota tua dan pariwisata Danau Tes,” jelasnya, kemarin (21/08).

Nantinya jalan yang akan dibangun sepanjang 8 kilometer akan dibuat 2 jalur dengan membuat median jalan di tengah dan trotoar kiri dan kanan sepanjang jalan. Dimana untuk dana sendiri diperkirakan mencapai Rp 30 miliar. “Nanti langkah awal akan kita melakukan pembukaan lahan hingga finishing pembangunan,” ucapnya.



 

Meyikapi hal tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi mengatakan, bahwa kawasan danau Tes merupakan kawasan tua di Kabupaten Lebong dan memiliki destinasi wisata yang bagus. “Rencana itu sangat bagus, sehingga akan kita bicarakan lebih lanjut nantinya,” ujarnya.

Melihat dana yang akan dibutuhkan mencapai Rp 30 miliar, nantinya untuk dana kemungkinan besar akan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lebong dan Dana Alokasi Khusus (DAK ) dari pemerintah pusat.

“Nantinya akan ada 2 sumber dana untuk menunjang agar jalan tersebut bisa dibangun,” tuturnya.

Karena, lanjutnya, dari keterangan pihak Dinas PUPRP sebelumnya, selain membangun jalan 2 jalur dengan median jalan dibuat di tengah dan trotoar kiri dan kanan sepanjang jalan, nantinya juga akan dibuat lampu jalan, rest area serta pendukung lainnya. “Untuk pembangunannya tidak akan bisa sekaligus, sehingga akan dilakukan secara bertahap,” tutup Eddy.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*