Kembangkan Kreativitas Anak

Endang/Bengkulu Ekspress
MERIAH: Ratusan peserta Paudni meramaikan lomba kolase dalam rangka gebyar Paud tingkat kota Bengkulu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Guna menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas anak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) tingkat kota Bengkulu. Kegiatan yang dibuka sekretaris Dinas Dikbud Kota Bengkulu, Firman Jonaidi SPd, merupakan kegiatan tahunan yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak, terutama untuk melatih kemandirian dan perkembangan anak didik.

Firman Jonaidi mengatakan kegiatan ini sebagai ajang kreativitas untuk memotivasi diri sekaligus ajang silahturahmi antar anak, sekaligus mengukir pengalaman peserta didik dalam tumbuh kembang anak. “Mudah-mudahan semua tenaga pendidik dapat memotivasi anak, melalui gebyar ini banyak hal positif yang diambil peserta didik, ” terangnya.



Sementara itu kepala bidang Paudni Dinas Dikbud, Dona Loisa Putri SH menuturkan tujuan Degbyar PAUD merupakan ajang kreativitas anak mengeluarkan imajinasi dalam menghasilkan karya terbaik, mecintai cinta budaya Bengkulu sejak dini baik tari daerah maupun ciri khas Bengkulu.

Kegiatan ini sangat bagus karena melatih anak bisa tampil percaya diri, dan melatih keberanian dan kemandirian anak. Ada tiga mata lomba yang digelar, kolase, tari kreasi dan vocal group. Kegiatan kolase bermotif bunga rafflesia inipun sebagai ajang untuk mecintai budaya Bengkulu dan mengenal ciri khas bengkulu yaitu bunga rafflesia. Disini akan mengajarkan beberapa aspek pada anak, dimana anak akan berimajinasi terkait bunga rafflesia, disinilah anak dituntut mengetahui bentuk dan warna bunga rafflesia.

“Secara moral kolase dan motif bunga rafflesia adalah anak mengentahui bunga rafflesia sebagai ciri khas Bengkulu, dan secara etika anak bisa mengerjakan kolase dengan baik tanpa bekerjasama dengan anak-anak lainnya, ” katanya.

Kegiatan yang digelar hingga 28 November lusa itu dimeriahkan ratusan peserta, kolase diikuti 552 peserta dari 184 lembaga, lomba tari diikuti 134 dari 17 lembaga dan paduan suara 135 dariu 24 lembaga. “Pada gebyar ini peserta terbaik diberikan reward berupa piala dan uang embinaan sebagai bentuk memotivasi siswa, ” tandasnya. (247)