Kembangkan Industri Hilir

petani-jagung_zpsseah1o31
foto; ist

MUKOMUKO,Bengkulu  Ekspress – Untuk meningkatkan produk hasil pertanian, jajaran Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Mukomuko akan mengembangkan industri hilir. Sosialisasi mulai dilakukan hingga mendatangkan narasumber dibidang tersebut yang memberikan penyuluhan kepada petani tentang tata cara pengelolaan hasil pertanian menjadi sebuah produk makanan siap saji.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dispertan Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono melalui Kepala Bidang Penyuluhan, Elxsandi Utria Darma. Hingga saat ini, katanya, petani hanya mampu menjual hasil pertanian dalam bentuk bahan mentah. Seperti jagung, kedelai, kacang dan produk pertanian lainnya. Sehingga pendapatan hasil penjualan tersebut tidak maksimal.



“Tahun ini, kami akan mencobanya untuk tidak menjual hasil pertanian dalam bentuk bahan mentah.Tetapi akan dijual menjadi bahan yang sudah masak atau siap saji,”katanya.

Menurutnya, dengan cara penjualan produk makanan siap saji tersebut, sangat optimis petani akan mendapatkan pendapatan yang lumayan. Sedangkan untuk menampung produk olahan hasil pertanian ini, nantinya akan dibuat koperasi gabungan dari kelompok tani yang sudah memiliki badan hukum. Dengan adanya koperasi, petani tidak lagi susah untuk memasarkan produk yang sudah mereka buat. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pendampingan terhadap pelaku usaha.(900)