Kembangkan BUMDes, Jasa Raharja dan Samsat Benteng Bersinergi

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bengkulu, bersama Samsat Bengkulu Tengah, bersinergi melalui kegiatan layanan Samdes (samsat Desa) dengan Tema “BUMDes Bersinergi”.Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, pada hari Senin, 24 Juni 2019, yang mendapat antusias tinggi
dari masyarakat Desa.

“Alhamdulilah, kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat desa. Terlihat dari banyaknya total kendaraan yang melakukan Daftar Ulang yaitu sebanyak 42 Unit, terdiri atas kendaraan roda dua sebanyak 30 unit dan roda empat sebanyak 12 unit,” kata Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PPD Benteng, Eny Maryati SE MAk kepada BE.

Di sini, BUMDES melakukan kerj asama dengan UPTD PPD setempat, contohnya Samsat Kabupaten Bengkulu Tengah melalui layanan Samsat Desa (SAMDES). Diharapkan dengan adanya layanan SAMDES ini membuat masyarakat wajib pajak memiliki kesadaran dan patuh dalam membayar PKB dan SWDKLLJ tepat waktu.

Untuk diketahui BUMDES adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

BUMDES dibentuk atas dasar komitmen bersama masyarakat desa untuk saling bekerja sama dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa. Pengembangan dam pembentukan BUMDES merupakan prospek menjanjikan untuk menguatkan dan memberdayakan lembaga-lembaga ekonomi desa.

“Selain mengelola aset desa, BUMDES turut berperan aktif dalam peningkatan pendapatan asli daerah melalui optimalisasi pengelolaan sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan),” jelas Eny.

Selain itu, PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bengkulu, memberi dukungannya pada kegiatan ini melalui Pelayanan Kesehatan Gratis, sebagai apresiasi atas upaya BUMDES dan UPTD PPD Bengkulu tengah dalam membantu masyarakat Desa untuk melakukan pembayaran PKB dan SWDKLLJ tepat waktu.

“Semoga dengan adanya layanan SAMDES ini, dapat meningkatkan pendapatan SWDKLLJ Cabang Bengkulu,” ucap Kikied Ario Wibisono.  (Tim JR).




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*