Kembangkan Budidaya Lele

Kades Sri katon (Surahman )Warga Desa Srikaton  Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), yabg dipimpin Kepala Desa, Surahman membuat terobosan baru. Kegiatan untuk menjamin ketahanan pangan masyarakat. Langkah itu, dengan kegiatan produktif pengembangan budidaya lele dan tanaman pangan di pekarangan masing-masing warga.

Menurut Surahman, hampir seluruh kepala keluarga memiliki taman produktif ditambah dengan kolam lele disekitarnya. Dari hasil tanaman dan lele tersebut, bisa dijual dan dijadikan untuk membeli pangan keluarga itu sendiri.

“Jadi, masyarakat tidak perlu susah mendapatkan tanaman pangan atau lele. Bisa dijual dan bisa dikonsumsikan sendiri, dengan itu masyarakat juga tidak akan kekurangan,”  katanya.

Dijelaskannya, untuk mengembangkan program itu,Kades telah menjajaki kerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP). Untuk membimbing warga desa dalam mengembangkan tanaman pangan itu.

“Warga di desa ini bersepakat menanam tanaman pangan jenis umbi-umbian di pekarangan rumah yang dipadukan dengan kolam lele terpal. Program kami psositif dan di back up pihak BKP,’’ jelasnya.

Ditambahkannya, semua orang biasa menganggap kalau bahan makanan pokok itu hanya beras. Padahal ubi dan jagung juga bisa menjadi makanan pokok. Jika tidak segera dikampanyekan maka warga tetap akan bergantung pada beras, padahal saat ini penyempitan lahan sawah semakin kencang. “Ubi juga masuk kategori pangan untuk manusia,” tambahnya. (111)