Kemarau, Waspada Kebakaran

foto: Ujang Syafiri

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaur, meminta warga meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi kebakaran di musim kemarau. Hal itu karena kasus kebakaran biasanya meningkat.

“Pada musim kemarau biasanya angka kebakaran meningkat di masyarakat, untuk itu kita minta kepada warga agar lebih meningkatkan kewaspadaan,” kata Kepala BPBD Kaur, Ujang Syafiri MPd, kemarin (20/8).

Dikatakan Ujang, targetnya potensi musibah bisa dihindarkan. Ujang mengimbau warga mengecek kondisi rumah terutama jaringan listrik. Ketika ada jaringan listrik yang rusak dan berpotensi menyebabkan kebakaran bisa diperbaiki sebagai antisipasi mencegah kebakaran. Juga Ujang meminta dukungan kerjasama dengan menggiatkan ronda di rumah masing-masing.



“Kalau meninggalkan rumah kita minta kepada warga benar-benar perhatikan listrik dan kompor, karena musim kemarau seperti ini potensi kebakaran tinggi,” terangnya.

Ditambahkannya, warga juga diminta agar waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), khususnya di area lahan gambut. Dimana dalam penanganan tersebut, selain masyarakat sekitar juga dibutuhkan dukungan kerjasama, partisipasi dan bantuan dari berbagai pihak mulai dari jajaran Forkopimda, seluruh dinas, organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan pihak lainnya. “Ini perlu adanya peningkatan komunikasi dan koordinasi. Sebab isu kebakaran hutan ini memang menjadi perhatian serius, karena disadari seiring dengan perubahan ini sangat berpotensi memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan,”jelasnya.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*