Kemampuan Kepala OPD Dites


Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd membuka secara resmi pelaksanaan job fit, kemarin.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu melakukan penilaian dan evaluasi ketat terhadap pejabat eselon II atau yang saat ini menduduki Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari hasil penilaian nanti kemungkinan terjadi pergeseran, jika dianggap sudah tidak mampu mengemban tugas di OPD yang lama.

“Kita melihat kinerja selama ini dengan kemampuan mereka mengungkap persoalan yang menjadi hambatan selama ini sehingga kerjanya buruk. Maka penilaian ini melihat apakah masih mumpuni atau tidak,” kata Sekretaris Kota Bengkulu, Marjon MPd saat membuka pelaksanaan job fit yang diikuti 23 pejabat eselon II, kemarin (20/8).

Job fit ini, lanjut Marjon, dilakukan terkhusus untuk yang jabatannya telah melebihi dua tahun di dinas tersebut.
Sebab, jangan sampai dengan 2 tahun menjabat tidak ada kemajuan, sehingga melalui job fit juga mencocokkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan pejabat itu sendiri. Dengan demikian, maka susunan pejabat OPD ini bisa dirotasi atau bahkan dimutasi.



“Pejabat jangan terlena dengan masa menjabat tetapi harus aktif terus memikirkan inovasi kedepan agar program pemerintah berjalan dengan baik dan tercapai,” jelasnya.

Adapun untuk tim yang akan melakukan job fit ini terdiri dari birokrasi dan akademisi. Hasil dari evaluasi ini nanti akan disusun dan diserahkan kepada walikota untuk mempertimbangkan pejabat mana yang harus diganti dan mana yang masih dipertahankan. “Rata-rata sudah 2 tahun semua bahkan ada sampai 4 tahun menjabat, dan selama 2-3 hari ke depan kita lakukan wawancara, tes tertulis, pemaparan kinerja, dan pemecahan masalah kerja,” pungkas Marjon. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*