Kemajuan Pendidikan Ditangan Guru

PNS_2KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Maju mundurnya dunia pendidikan Kabupaten Kepahiang berada ditangan guru.  Para guru merupakan faktor untuk memperbaiki kualitas pendidikan mulai tingkat dasar hingga sekolah menengah atas.   Tenaga pendidik harus memiliki komitmen tinggi meningkatkan kualitas pendidikan supaya hasil yang dicapai merupakan harapan seluruh pihak.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Zamzami Zubir SE MM mengatakan, niat mengabdi dan maju harus ditanamkan oleh guru dalam mengajar sehari-hari.  “Yang pertama dewan guru harus ada niat untuk maju, agar dunia pendidikan kita benar-benar berkualitas.  Guru adalah orang-orang yang bersentuhan langsung dengan anak-anak didik, maka kualitas anak didik tergantung dari pengajaran yang diberikan guru,” tegas Zamzami.

Ia menilai regulasi ataupun aturan hanya sebagian kecil faktor penentu peningkatan dunia pendidikan.  Sebab bila guru sudah tidak ada niat untuk maju dan berkembang, sebagus apapun regulasi tidak akan memberikan pengaruh signifikan.  “Regulasi itu untuk menentukan arah dan polanya.  Sedangkan dewan guru memiliki kreativitas untuk mengajarkan ilmunya kepada anak didik. Agar dapat dimengerti dan dipahami murid, tentunya pola pendidikan sesuai dengan regulasi,” tuturnya.

Zamzami mengajak seluruh guru di Kabupaten Kepahiang meningkatkan kedisiplinan melaksanakan tugas, supaya murid-murid dapat mengikuti jejak kedisiplinan pendidikan. Agar semua menjadi contoh baik bagi siswa-siswi di masing-masing sekolah untuk berpikir maju.  “Sikap guru itu diikuti oleh palajar.  Jika gurunya disiplin, maka muridnya tak akan berani untuk terlambat dan sebagainya,” tutup Zamzami. (320)