Kelulusan SMP/MTs Diumumkan Hari Ini

ENDANG/BE
Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Beengkulu, Dra Rosmayetti MM menggelar rapat secara virtual bersama seluruh kepala sekolah se-Kota Bengkulu, Kamis (4/6).
Seragam Dikumpulkan, Dilarang Euforia

BENGKULU, bengkulu ekspress- Pegumuman kelulusan tingkat satuan pendidikan SMP/MTs sederajat akan dilaksanakan hari ini, Jumat (5/6). Jelang pengumuman kelulusan tersebut, wali Kota, Helmi Hasan SE didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Beengkulu, Dra. Rosmayetti MM menggelar rapat secara virtual bersama seluruh kepala sekolah se-Kota Bengkulu, Kamis (4/6).

Di Kota Bengkulu, pengumuman akan digelar secara online. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan orang tua dan siswa di tengah pandemi Covid-19. Peserta didik pun diimbau tidak datang ke sekolah dan tidak euforia dengan melakukan konvoi kendaraan. Satuan pendidikan pun diimbau untuk mengumpulkan seragam sekolah siswa, selanjutnya didonasikan pada siswa/siswi adik kelasnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Helmi Hasan SE berpesan pada seluruh kepala sekolah dapat mensosialisasikan sekaligus mengumpul baju seragam siswa kelas 9 dari rumah ke rumah untuk didonasikan pada adik kelasnya.  Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra Rosmayetti MM usai rapat virtual menuturkan pengumuman kelulusan di masa pandemi Covid-19 tidak ada seremoni seperti tahun sebelumnya. Sesuai dengan instruksi pusat dan daerah, melarang kegiatan yang melibatkan atau mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Dengan demikian, saat pengumuman kelulusan diharapkan siswa dan guru tidak bertatap muka secara langsung.

“Nanti diumumkan melalui daring melalui WA Group,” bebernya.

Seperti diketahui, kriteria penentu kelulusan dilihat dari daftar kehadiran siswa dalam menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari semester 1 sampai semester 6, berperilaku baik dan lulus ujian sekolah. Pengumuman hasil kelulusan di website sekolah menggunakan akun dan pasword masing-masing peserta didik. Rosmayetti meminta agar wali murid untuk memantau anak-anaknya, sehingga saat pengumuman kelulusan tidak ada aksi euforia berlebihan, dan tidak ada corat-coret seragam.

“Dikbud tengah berkoordinasi dengan Polres, jika ada yang konvoi untuk ditindak, ” tegasnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu, Eza Avlenda menuturkan sebelum pengumuman dilakukan, masing-masing satuan pendidikan tengah mempersiapkan rapat internal terkait kelulusan.

“Kebijakan ada di masing-masing satuan pendidikan,” bebernya.

Pada pengumuman hari ini, siswa/siswi akan mendapatkan surat keterangan lulus beserta nilai, sehingga bisa menjadi bekal siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Pengumuman kelulusan bisa diakses dari rumah, wali kelas akan membagikan link melalui WAG, selanjutnya memasukkan pasword sehingga bisa diketahui lulus tidaknya,” tandasnya. (247)