Keluhkan Pelayanan Puskesmas

WARGA Desa Gunung Kembang Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), Seluma dan sekitarnya mengeluhkan layanan Puskesmas Gunung Kembang. Pasalnya, akhir-akhir ini puskesmas yang tergolong di wilayah terpencil di Kabupaten Seluma itu baru mulai buka pelayanan setelah siang hari. Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Pican (40) warga Desa Jambat Akar mengaku mengeluhkan hal tersebut. Menurutnya, mulai dari pengalaman dirinya pribadi ketika akan berobat ke puskesmas dan pengamatannya sejak beberapa waktu terakhir, puskesmas tersebut tiap harinya baru buka rata-rata pukul 10.00 WIB. Dibawah pukul 10.00 WIB biasanya belum terlihat ada pegawai, perawat maupun dokter di puskesmas tersebut. ”Kami kecewa dengan rumah sakit desa (maksudnya puskesmas, red) ini. Mengapa layanan untuk masyarakat rata-rata baru dilakukan setelah pukul 10.00 WIB. Kalau pagi-pagi belum ada pegawainya,” ungkap Pican merasa kecewa.

Warga lainnya, Yati (40) menuturkan hal serupa. Diungkapnya, dirinya sebenarnya tak menganggap masalah kalau Puskesmas akan dibuka mulai pukul 10.00 WIN setiap hari. Tapi, asalkan waktu jam pelayanan di puskesmas tersebut tetap sama lamanya seperti layanan dibuka mulai pagi hari. ”Harusnya kalau mau buka pukul 10 siang, maka tutupnya sudah harus sore. Tapi itu diresmikan dan disosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat tidak kecewa,” katanya. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma H Yansyah Nawawi SKM Mkes ketika dikonfrimasi, mengaku belum mendapat laporan mengenai persoalan tersebut. Namun, jika memang ada keluhan warga , maka dirinya akan mengecek terlebih dahulu kebenarannya. ”Kita cari tahu dulu, bagaimana sebenarnya,” katanya. (444)

  • zaipin 24 Mei 2012 at 15:39

    pegawai poskesmas tidak tulus melayani masyarakat karena mau jadi pegawai byr mahal. seharusnya pegawai poskesmas di beri asrama di dekat kantor sehingga tidak ada lagi pegawai yang tinggal di bengkulu atau manna.