Keluarkan Peringatan Dini, BMKG Minta Warga Waspada Bencana Hidrometeorologi

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memperkirakan sejumlah daerah di Bengkulu akan dilanda hujan sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi┬ábencana hidrometeorologi.

Kepala BMKG Provinsi Bengkulu Klaus Apoho
Damanik melalui Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar S.Kom mengatakan, adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau di wilayah Lampung hingga Jambi.

Sementara itu, juga adanya labilitas udara lokal yang kuat dan kelembaban udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas diwilayah Bengkulu, sehingga dapat mendukung (proses pertumbuhan awan hujan dibeberapa wilayah Bengkulu.

“Ini berarti peluang terbentuk awan hujan berada di atas dari Lampung hingga Jambi kalau seperti ini untuk wilayah peluang hujan di Bengkulu berada di atas pegunungan bukit barisan. Namun untuk daerah pesisir pantai Bengkulu peluang hujan besar nya kecil,” kata Anang.

Anang mengungkapkan, maka sejumlah wilayah di Bengkulu berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat akan terjadi hingga tiga hari ke depan, pada 10 hingga 12 Juni 2021.

Ia menambahkan, agar masyarakat Bengkulu khususnya di daerah pegunungan dan aliran sungai untuk waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*