Keluarga Mampu di Mukomuko Terima Bansos

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Sejak beberapa minggu terakhir, jajaran Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko melakukan pemasangan merek atau pengecatan rumah milik penerima bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah. Yakni program
keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). Dinsos masih menemukan beberapa rumah warga yang di nilai mampu, tetapi masih menerima bansos. “Pengecatan rumah milik penerima bansos dengan tulisan rumah tangga miskin/pra sejahtera, ada keluarga mampu masih menerima bantuan,” ini disampaikan Kepala Dinsos Kabupaten , Saroni ketika di konfirmasi BE.

Dikatakannya, dari beberapa temuan petugas di lapangan. Warga tersebut ada yang mau mengundurkan diri, dan ada juga yang masih tetap menerima bansos. “Yang mundur ada, dan akan kita usulkan ke pemerintah pusat. Sedangkan warga yang di nilai sudah mampu, dan tetap menerima bansos. Pihaknya melakukan pendekatan persuasif,” katanya.

Saroni juga menyampaikan pengecatan rumah penerima bansos itu masih berlanjut. Pihaknya belum mendapatkan data valid. Seperti berapa jumlah warga yang mampu dan mengundurkan diri dan lainnya. “Petugas masih bertugas di lapangan. Yang jelas, warga yang mampu dan mengundurkan diri akan kami usulkan ke pemerintah pusat untuk di hapus. Untuk jumlah validnya akan diketahui setelah petugas selesai bekerja di lapangan untuk pemasangan merek ataupun pengecatan rumah penerima bansos tersebut,” ungkapnya.

Diketahui jumlah rumah tangga miskin/pra sejahtera yang akan di pasang merek atau pengecatan sekitar 7.000 unit. Untuk tahun 2020 ini, sekitar 1.250 unit yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini. (900)