Kelompok Tani Usulkan KBR

kelompok taniMUKOMUKO, BE – Puluhan kelompok tani (Poktan) telah mengusulkan kebun bibit rakyat (KBR) ke Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ketahun melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) untuk tahun ini. Jika usulan tersebut disetujui dan terealisasi, masing-masing Poktan akan mendapatkan kucuran dana  sebesar Rp 50 juta. “Sejauh ini sekitar 22 kelompok yang telah mengusulkan program KBR itu,” kata Kepala DP3K, Syafkani SP melalui Kabid Kehutanan, Jasmin Sinaga.

Usulan itu telah disiapkan ke pihak BPDAS dan pihak BPDAS lah yang akan memverifikasi ataupun menilai kelompok mana saja yang dipastikan layak untuk mendapatkan program tersebut. “Tahun lalu hanya 10 kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut.

Kita harapkan tahun ini jumlahnya akan meningkat,” terangnya.Kucuran dana sebesar Rp 50 juta/kelompok itu dikelola langsung oleh kelompok yang mendapatkan dana tersebut. Dana itu dipergunakan untuk pembelian bibit  yang akan ditanam di atas tanah milik para kelopok tani dan lainnya.”Program  itu salah satu tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani di kabupaten ini,” demikian Jasmin. (900)