Kelompok Tani di Kota Bengkulu Terima Bansos Rp 55 Juta

FOTO IST/ Walikota Helmi Hasan saat menyerahkan bantuan secara simbolis ke para kelompok tani.

BENGKULU, bengkuliekspress.com – Sebanyak 7 Kelompok tani yang ada di 3 kecamatan di Kota Bengkulu menerima bantuan sosial pertanian sebesar Rp 55 juta per kelompok tani. Bantuan tersebut merupakan bantuan alokasi khusus dari Kementerian Pertanian untuk program pangan lestari. Bantuan diperuntukan untuk membeli bibit sayuran yang akan ditanam diperkarangan warga.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyalurkan langsung bantuan tersebut secara simbolis di kantor Dispangtan Kota Bengkulu ke kelompok tani, Rabu (03/08). Dari adanya bantuan ini, Helmi berharap tak ada lagi lahan kosong milik warga yang terbengkalai atau tak dimanfaatkan atau tidak produktif.

“Bukan hanya lahan-lahan produktif yang jadi fokus kita, namun juga lahan perkarangan-perkarangan rumah. Target kita tidak ada sejengkal lahan pun yang tidak dimanfaatkan,” jelas Helmi di hadapan para kelompok tani.

Sementara itu, Plt Kadispangtan Kota Bengkulu Desi Aneri menjelaskan, pencairan dana bansos pertanian senilai Rp55 juta tersebut akan dilakukan dalam 2 tahap. Pada tahap pertama, para kelompok tani penerima bantuan diharapkan bisa menggunakan anggaran tersebut sebaik mungkin sebelum pencairan tahap kedua.

“Untuk pencairan tahap awal sudah dilakukan senilai Rp 27 juta. Karena ini menggunakan dana DAK, jadi kita mempunyai petunjuk tekhnisnya. Deadline penghunaan tahap awal itu pada pencairan tahap kedua yakni pada November nanti. Jadi diharapkan kelompok tani menggunakan dana ini sesuai peruntukannya sebelum November ini,” kata Desi.

7 Kelompok tani yang menerima bantuan yakni Kelompok tani di Kecamatan Kampung Melayu, Selebar, Muarabangkahulu, dan Singgaran Pati. Para kelompok tani diminta mulai berlomba-lomba untuk menanam berbagai jenis bibit sayuran agar bisa maksimal memanfaatkan bantuan tersebut. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*