Kelola DD dengan Musyawarah

SUKARAJA,Bengkulu Ekspress – Bupati Seluma, H Bundra Jaya SH MH menegaskan, bahwa seluruh kades jangan mengelola Dana Desa (DD) tanpa musyawarah. Pasalnya, pengelolaan DD harus melibatkan seluruh elemen di desa. Mulai dari BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama serta lainnya.

Sehingga apa yang dikerjakan di desa bisa mendapatkan persetujuan dan dukungan penuh dari masyarakat.Hal ini disampaikan Bupati Seluma saat melantik tiga kades, yakni Kades Padang Pelawi, Kades Niur Kecamatan Sukaraja serta Kades Simpang Kecamatan Seluma Utara.

“Jangan sampai saat mengelola DD itu hanya semau kades saja, kades harus bisa merangkul semua masyarakat, termasuk mantan kades yang kalah juga harus dirangkul,”tegasnya.

Bupati mengatakan, terlebih lagi untuk kades Simpang yang baru saja menjabat. Sehingga harus belajar dengan kades yang sudah dua periode, seperti Kades Padang Pelawi dan kades yang sudah tiga periode seperti Kades Niur.

“Untuk yang sudah terpilih kembali berarti anda disukai, dan program pembangunan di desa berhasil.Maka harus dipertahankan dan manfaatkan DD dengan baik untuk pembangunan di desa. Tapi untuk pembangunan skala kecil, karena untuk pekerjaan besar itu wewenang kabupaten,” tegasnya.

Bupati menjelaskan, sejak DD bergulir dari tahun 2014 lalu, setiap desa diberikan anggaran hampir mencapai Rp 1 miliar. Sehingga bisa digunakan untuk pembangunan desa.”Silahkan manfaatkan dengan baik, tahun ini total DD sebesar Rp 126 miliar lebih untuk 182 desa,” jelas Bupati.(333)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*