Kelola Arung Jeram, Terbitkan Perda

IST/Bengkulu Ekspress
ARUNG: Peserta olahraga arung jeram Air Manna terlihat semangat uji nyali di alur Air Manna di Desa Air Tenam beberapa waktu Lalu.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sepertinya serius untuk menjadikan olahraga arung jeram sungai Air Manna sebagai salah satu obyek wisata unggulan di Bengkulu Selatan. Ke depan pengelolaan olahraga uji nyali ini akan dilakukan secara profesional.



“ Kami akan upayakan pembentukan Peraturan daerah (perda) khusus olahraga arung jeram ini,” kata kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, Drs H Yulian Fauzi MAP melalui kabid Destinasi Pariwisata, Anrianzyah SIP MSi.

Anrianzyah mengatakan, dengan adanya perda tersebut dapat menjadi dasar pengelolaan arung jeram mulai Desa Air Tenam, Ulu Manna hingga air terjun Geluguran, Dusun Batu Aji, Desa Kayu Ajaran, Ulu Manna. Sehingga dalam perda tersebut nanti bisa ada biaya sewa perahu dan lain sebagainya.“ Dengan perda, maka pengolaan bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Anrianzyah menjelaskan, untuk menjadikan olahraga arung jeram Air Manna menjadi wisata unggulan, pihaknya juga berupaya membangun fasilitas di lokasi seperti rest area dan juga peningkatan jalan menuju lokasi. Pihaknya mengusulkan dana pada APBD 2019 mendatang.

“ Untuk melengkapi fasilitas arung jeram, kami mengusulkan dana pada APBD 2019 hingga Rp 13 Miliar,” terangnya.

Andianzyah juga menambahkan, dengan adanya perda dan juga didukung fasilitas lengkap, maka dirinya optimis olahraga ini akan menarik minat kunjungan wisatawan ke Bengkulu Selatan. Ditambah lagi sungai Air Manna sangat cocok untuk lokasi arung jeram.

Sebab sungai tersebut dengan lebar sekitar 22 meter juga diapit dengan hutan sekunder dengan hiasan beberapa air terjun mini dan ada tebing-tebing terjal. Kemudian jeram-jeramnya bervariasi dengan grade atau tingkat kesulitannya sampai level empat.

Pasalnya, terdapat banyak hidrolik dan standing wave yang tingginya bisa mencapai lebih dari 2 meter.“ Karakteristik sungai Air Manna ini sangat cocok untuk penikmat wisata adrenalin,” beber Andianzyah. (369)