Kekurangan PNS Capai 974 Formasi

POTO Persiapan pendistribusian surat suara untuk pilkades, nampak kabid Pemdes Ismin Ssos memeriksa surat suaraBINTUHAN, BE– Kabupaten Kaur sudah mengirimkan data analisis jabatan (anjab) khususnya bidang Kesehatan dan Guru ke pusat. Sesuai hasil anjab tersebut memang kabupaten Kaur kekurangan PNS sebanyak 974 formasi terutama bidang kesehatan, Guru dan Penyuluh. Oleh karena itu data tersebut apakah nantinya disetujui atau tidak oleh pusat, untuk kouta CPNSD tahun 2013 mendatang.

“Kita sudah menyerahkan data anjba, sehingga disana memnag ada kekurangan PNS. Artinya Kaur butuh pengangkatan kembali CPNSD untuk tahun 2013. Namun semuanya tergantung pusat,” ujar Kepala BKD Kaur Drs Rolan Haidi, kemarin.

Menurut Rolan, dari 974 CPNSD dengan rincian kebutuhan itu memang terpusat pada guru sebanyak 423, Kesehatan 245 dan tenaga penyuluh 306. Kabupaten Kaur memang sangat kekurangan di tiga bindang ini, jika ini sudah terpenuhi maka kekurangan PNS teratasi. Namun apakah pihak pusat memeberikan kouta sebanyak itu ? hal ini weweang pihak pusat.”Pihaknya sudah mengusulkan sebagai syarat untuk kebutuhan CPNSD tahun 2013 mendatang, karena pihak pusat sebelumnya meminta data anjab, disana pasti ada kekurangan CPNSD,” jelasnya.

Dikatakanya, selain Anjab Menpan RBĀ  juga menekankan bahwa daerah yang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 50 persen ke atas untuk belanja pegawai dilarang melakukan perekrutan CPNS lagi. Oleh karena itu untuk Kaur lebih dari 50 persen yakni 48 persen. Usulan tersebut juga sudah disusulkan ke pusat, namun semuanya diatur oleh pusat.

“Yang penting kita menunggu berapa kouta yang diberikan pusat atau tidak sama sekali, karena semuanya wewenang pihak pusat,” jelasnya. Namaun demikian pihaknya tetap melakukan koordinasi ke pusat untuk mengupayakan sebaik mungkin agar Kabupaten Kaur bisa mengadakan tes CPNSD tahun depan. Namun keputusan itu ada dengan pusat, sehingga semuanya tergantung pusat. “Kita sudah menjalankan apa yang diminta oleh pusat, makanya kita menunggu kemungkinan tahun depan ada tes CPNSD,” ungkapnya.(823)