Kekurangan Mobil Damkar

IRUL/Bengkulu Ekspress DAMKAR: Tiga unit mobil Damkar yang dimiliki Kaur yang sedang terparkir di depan kantor Bidang Damkar atau depan lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Minggu (24/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Jumlah unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) di Kabupaten Kaur masih sangat kurang, dan jauh dari angka ideal. Sebab rasio idealnya, satu unit mobil Damkar itu dibutuhkan untuk melayani sekitar 12 ribu warga. Jika bandingkan dengan jumlah penduduk Kaur saat ini, jelas mobil Damkar yang tersedia jauh dari ideal.

“Kita akui kalau mobil Damkar kita masih sangat kurang dan kini baru ada tiga unit Damkar,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Kaur, Jon Harimol SSos melalui Kabid Pemadam Kebakaran, Elpi Sofyan S SSos belum lama ini.

Dikatakan Elpi, tiga armada Damkar tidak bisa mengcover seluruh wilayah. Apalagi dari jumlah itu, ada diantaranya sudah tidak bisa digunakan secara maksimal. Untuk itu, tahun ini Pemkab Kaur berencana menambah dua unit mobil pemadam kebakaran. Dengan penambahan mobil Damkar ini, ke depannya pihaknya akan membagi menjadi tiga pos minimal yang mana satu pos akan ditempatkan di wilayah Padang Guci satu pos di wilayah Maje Nasal dan satu pos induk. Dengan demikian maka dengan cepat pula dapat dilakukan monitoring serta penanganan bila terjadi bencana kebakaran. Saat ini tiga unit mobil Damkar masih disiagakan secara ke seluruhan di depan Lapangan Merdeka Bintuhan.



“Kalau saat ini kita belum membaginya, semuanya masih siaga di depan Lapangan Merdeka. Ini seharusnya di dalam kota ini 2 Damkar, wilayah Tanjung Kemuning 1, Kaur Tengah 1 dan Nasal 1 unit,” terangnya.

Ditambahkannya, sebagai antisipasi kebakaran, pihaknya tengah mengkaji pembuatan pos di beberapa titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Kaur. Hal ini juannya agar pihaknya bisa lebih cepat mengatasi masalah kebakaran. Alternatif lain untuk menyiasati kekurangan armada yakni meminta bantuan dengan Kabupaten tetangga jika terjadi kebakaran.  “Meskipun armada kita kurang, Alhamdulillah kebakaran selama ini masih tetap bisa kita atasi meskipun respon timenya agar terlambat karena ini jarak lokasi jauh. Kita harap ke depan armada Damkar ini bertambah dan bisa mengatasi kebakaran di Kaur ini,” harapnya. (618)