KEK Ditarget Tahun Ini Launching

KEK
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah berkomitmen akan tetap melanjutkan program besar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA mendirikan kawasan ekonomi khusus (KEK) di wilayah Pelabuhaan Pulau Baai Bengkulu. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Bengkulu, Ir Hendry Poerwantrisno, 3 dari 17 syarat dirikan KEK yang belum selesai itu akan segera diselesaikan secapatnya. Ditargetkan, tahun ini KEK sudah bisa dilauching langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Kita akan terus dorong, agar KEK ini bisa segera dilauching,” terang Hendry kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (5/8).

Menurutnya, satu syarat yang harus diselesaikan pemerintah itu ialah rekomendasi kemudahaan investor masuk ke KEK. Dua syarat lagi ada di internal PT Pelindo II Bengkulu, yaitu terkait komitmen PT Pelindo pusat untuk membangun infrastruktur KEK dan komitmen 30 persen investasi Pelindo II Bengkulu ke Pelindo pusat.

Untuk syarat kemudahaan investasi masuk itu, berkaitan dengan rekomendasi dari pemerintah daerah, khususnya di Pemda Kota Bengkulu. Mengingat lahan KEK berada di kawasan Kota Bengkulu. Menurut Hendry, bentuk rekomendasi yang diputuskan oleh Pemda Kota dan DPRD Kota. Sebab, rekomendasi itu berkaitan erat dengan pejak investasi yang akan masuk kedaerah. “Ini dibutuhkan keputusan dewan kota dan walikota. Jadi ini yang masih akan terus dipercepat,” paparnya.



Agar bisa dipercepat, pemprov meminta PT Pelindo II Bengkulu sebagai pengelolah KEK segera mempresentasikan KEK itu kepada dewan kota. Tentu presentasi itu harus didampingi oleh Pemda Kota. Dalam prestasi itu wajib dipaparkan tentang pentingan KEK hadir, demi mendongkrak ekonomi Bengkulu. Termasuk kemudahaan izin investasi, begitupun sistem pajak yang akan diberikan investor untuk daerah. Sehingga dewan kota bisa menyetujui dan bisa memberikan rekomendasi bersama dengan Pemda Kota. Dengan demikian, KEK bisa segera disetujui oleh Dewan KEK di pusat.  “Pemaparan ini penting. Jadi bisa segara disetujui,” tambahnya.

Setelah itu selesai, nantinya pemprov akan langsung menyambut rekomendasi itu. Pemprov melalui Plt Gubernur bersama dewan juga akan memberikan rekomedasi terkait investor masuk kek KEK. Hendry menyakini, proses itu akan segera cepat. Mengingat program KEK itu merupakan program dan gagasan bersama Plt Gubernur bersama PT Pelindo II Bengkulu.  “Untuk provinsi nanti juga akan langsung menyambut sesuai arahan Plt Gubernur,” tegasnya.

Tidak hanya kemudahaan para investor saja, Hendry juga meminta PT Pelindo II Bengkulu juga untuk segera menyelesaikan dua syarat yang ada di internal PT Pelindo. Jika tidak diselesaikan, tentu dewan KEK belum bisa menerima, dibentuknya KEK di Bengkulu.

“Saya fikir ini harus segara. Karena dengan KEK ini, ekonomi Bengkulu akan berkembang pesat, seiring datangan para investor besar ke Bengkulu,” tandas Hendry. (151)