KEK BengkuluTinggal Finalisasi

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Bengkulu, terus berkomitmen untuk melakukan investasi besar-besaran di Bengkulu. Kawasan Ekonomi khusus (KEK) yang merupakan program strategis yang sedang berjalan saat ini sudah tinggal tahap finalisasi. Apalagi Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, merupakan masa depan Pelindo.

Hal itu diungkapkan Direktur Teknik PT Pelindo II, Dani Rusli Utama, karena pelabuhan Pulau Baai untuk berkembang akan luar biasa dengan didukung lahan yang sangat luas.

“Berbeda dengan lahan yang dimiliki Pelindo ditempat lain, sangat terbatas. Untuk itu kita setiap tahun berinvestasi mencapai Rp. 100 milyar,” ujar Direktur Teknik PT Pelindo II, Dani Rusli Utama, usai kegiatan Safari Ramadhan Direksi Pelindo II di Grage hotel Bengkulu, Rabu (22/5).

Dikatakan Dani, Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, bisa berkembang pesat, karena dukungan dari Pemerintah Daerah terhadap perkembangan daerah dan sekitarnya juga sangat luar biasa. Dengan mewujudkan Pelabuhan Pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terpadu.

“Saat ini proses perizinan KEK masih diurus di tingkat pusat. Karena ada sekitar 14 persyaratan yang harus kita penuhi dan tinggal menunggu finalisasi kelayakannya serta pemaparan ke Menko Perekonomian,” katanya.

Masih kata Dani, berkembang pesatnya Pelabuhan Pulau Baai menjadi KEK terpadu yang tidak lama lagi akan terealisasi, akan menjadikan perekonomian Bengkulu bertambah maju. Akan banyak kemudahan bagi investor untuk menanamkan investasinya di daerah ini, seperti CPO, Karet, dan Kopi.

“Bukan saja Bengkulu yang akan maju nantinya, Sumatera bagian Selatan dan Barat juga akan ikut kebagian majunya dari sektor perekonomian,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, memberikan apresiasi terhadap langkah pihak Pelindo II, dalam ikut membangun dan kepeduliannya dalam penanganan bencana di Bengkulu ini, dengan melakukan rehab rekon secara bersama-sama. Khusus untuk rencana KEK diharapkan prosesnya bisa segera tuntas dan terwujud nantinya.

“Saya sudah mendengarkan pemaparan dari pihak Pelindo terkait KEK dan kita apresiasi juga partisipasi dari Pelindo bersama BUMN di Bengkulu dalam penanganan bencana dengan akan melakukan rehab rekon bersama-sama nantinya,” tutup Rohidin.(HBN)