Kejari Selektif Beri Pengawalan TP4D

Foto : IST

TAIS, Bengkulu Ekspress – Kejari Seluma saat ini lebih selektif dalam memberikan pendampingan tim pengawalan dan pendampingan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D). Pendampingan terhadap pelaksanaan pekerjaan fisik dan non fisik yang dilakukan instansi di Kabupaten Seluma. Hal ini dilakukan agar pendampingan benar-benar sesuai dengan ketentuan, dan memenuhi syarat. Bahkan, sebelum memastikan TP4D ikut serta memberikan pendampingan terlebih dahulu harus dilakukan dalam ekspose.

Kajari Seluma M Ali Akbar melalui Kasi Intel Kejari Seluma Citra Apriadi SH MH mengungkapkan, Kejari takkan memberikan pendampingan terhadap pembangunan daerah yang tidak sesuai dengan prosedur. Pendampingan terhadap pembangunan atau pemerintah daerah tidak boleh hanya sekedar dijadikan sebagai bamper oleh pihak tertentu termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk desa sekalipun

“Kita tidak akan sembarang dalam memberikan pendampingan TP4D tersebut. Mengingat ada beberapa diantaranya hanya mendompleng saja,”tegasnya.



Dalam proses pendampingan dilakukan pemilihan terlebih dahulu potensinya. Tidak semua bisa meminta pengawalan dan pendampingan dari Kejari Seluma. Jika tidak memiliki potensi maka Kejari berhak menolak melakukan pendampingan.

“Kita lihat dulu potensinya. Jadi jika mereka meminta pengawasan dan pendampingan namun hal tersebut tidak berpotensi, maka kita menolak. Jika sebaliknya justru harus dikawal agar tidak terjadinya penyimpangan,” lanjutnya

Ada tahapan yang harus dilakukan pihak yang meminta pendampinan TP4D. Kejari meminta pemaparan dari pihak bersangkutan. Setelah itu nanti Kejari menentukan layak atau tidaknya dilakukan pendampingan oleh TP4D. Termasuk, jika permintaan masuk pada pertengahan pekerjaan yang sudah berjalan. Atau di penghujung akhir dari pekerjaan.

Hal inilah yang menjadi perhatian khusus tidak akan ikut melakukan pendampingan. Menurut Citra Apriadi, Kejari menolak secara langsung jika nanti ada instansi tertentu tiba-tiba meminta pendampingan tim TP4D. Bila pekerjaan yang mereka lakukan sudah setengah berjalan dan tanpa dilakukan pemaparan terlebih dahulu. (333)