Kejari Komitmen Berantas Korupsi

BINTUHAN, BE- Peringatan Hari Anti Korupsi Dunia  yang jatuh pada tanggal 9 Desember kemarin, membuat jajaran penegak hukum khususnya jaksa harus siap memeranginya soal korupsi khususnya di Kabupaten Kaur. Namun dalam peringatan tersebut jaksa tidak harus menunggu data dari kantor sambil duduk, namun harus terjun bersama dengan masyarakat untuk bersama-sama mememasyarakat untuk memerangi Korupsi.  “Diharapkan jangan duduk saja karena jaksa harus benar-benar terjun bersama masyarakat. Disana  banyak informasi dan juga butuh bimbingan hukum kepada kita,” ujar kejari Bintuhan H M Iwa Swia Pribawa  SH,  kemarin.

Menurutnya, dengan peringatan hari anti korupsi tentunya penegak hukum kejaksaan dan kepolisian, mengajak untuk bersama-sama membimbing masyarakat dan juga mereka yang ada dikontor untuk memahami segala kegiatan dengan aturan yang ada.  “Kita turun kelapangan bukan untuk nakut-nakuti tetapi bagimana aturan itu bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Bupati Kaur Dr Ir h Hermen Malik MSc mengatakan pihaknya mendukung kejaksaan jika memberikan penyuluhan soal hukum kepada yang belum tahu. Khususnya aparatur desa yang tahun depan sudah dikucurkan Alokasi Dana Desa (ADD), karena banyak yang belum paham melanjalankan administrasinya.  “Kita minta dari kejaksaan dan SKPD  bersama-sama mengajarkan mereka agar lebih paham, sehingga kesalahan itu bisa diatasi dengan baik,”  jelasnya.

Bukan hanya apartur desa saja, lanjut Bupati, bahwa persoalan administrasi yang baik juga harus diterapkan di SKPD, makanya jika SKPD bayak belum mengetahui maka konsultasikan kepada ahlinya bisa jadi kejaksaan dan kepolisian. “Sehingga adanya koordinasi yang baik maka semuanya bisa terbebas dari kesalahan,” jelas bupati.(823)