Kejar Target, Dukcapil Kaur Jemput Bola

REKAM: Dukcapil Kaur saat melakukan rekam KTP jemput bola di kantor Camat Semidang Gumay, Kamis (15/10).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Jelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kaur melakukan layanan jemput bola pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dimana perekaman jemput bola ini merupakan bagian pemerintah dalam menyukseskan Pilkada serentak dan juga guna menghindari penularan Covid-19.

“Yang belum rekam e-KTP itu, kami berusaha jemput ke kecamatan. Selain layanan di kecamatan sesuai jadwal yang sudah ditentukan, kami juga tetap membuka layanan di kantor Dukcapil Kaur,” kata Kepala Dukcapil Kaur H Bahrun Budiman SH MH melalui Sekretaris Januar Apriko SHut MSi, Kamis (15/10).

Dikatakan Apriko, dimana strategi itu dilakukan sebagai langkah mempercepat target capaian pembuatan e-KTP yang merupakan syarat administrasi kependudukan warga Kaur. Dimana hingga saat ini baru 88 persen dari total jumlah masyarakat Kaur yang memiliki KTP elektronik dan masih sekitar 10.879 warga Kaur yang belum lakukan perekaman. Hal itu mengharuskan pihaknya terus melakukan perekaman keliling setiap hari di kantor Kecamatan Kabupaten Kaur.

“Kita targetkan agar perekaman e-KTP sebelum Pilkada sudah 100 persen rampung, dan untuk kini perekaman baru sekitar 88 persen. Juga perekaman jemput bola ini guna mengindari kerumunan dan bisa menyebabkan penularan Covid-19,” terangnya.

Ditambahkannya, saat ini petugas Disdukcapil Kaur tetap melayani masyarakat di Kecamatan-Kecamatan seperti Kamis (15/10) Dukcapil Kaur melakukan jemput bola di Kecamatan Semidang Gumay. Juga jika masyarakat telah melakukan perekaman e-KTP namun tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka masyarakat harus melaporkannya pada KPU atau panita pemilihan kecamatan atau panitia pemilihan desa/kelurahan setempat.

“Jika NIK tidak terdaftar dalam sistem DPT KPU mohon yang bersangkutan berkenan ke Panitia Pemilihan Desa atau Kelurahan, PPK terdekat agar bisa mencoblos pada 9 Desember nanti,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*