Kejar KLA, Tingkat Nasional

ERICK/Bengkulu Ekspress TEMPAT BERMAIN ANAK: Salah satu tempat bermain anak yang merupakan salah satu penilaian menjadikan Lebong mendapatkan predikat KLA.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Kabupaten Lebong kejar predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat pratama nasional. Sebab Lebong berhasil menjadi yang terbaik se-Provinsi Bengkulu sebagai KLA mengalahkan Kota Bengkulu yang tahun sebelumnya menjadi yang terbaik.

Penilaian kelengkapan dokumen yang diinput melalui aplikasi KLA, Kabupaten Lebong berhasil memperoleh nilai 777,35. Dimana untuk mendapatkan predikat pratama sebagai KLA yang nantinya akan diberikan secara langsung oleh Presiden RI.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Lebong, Drs Firdaus MPd mengatakan, bahwa ada beberapa indikator yang telah dimasukan oleh pihaknya, antara lain pemenuhan hak sipil terhadap anak yaitu Akte Kelahiran anak juga Kartu Identitas Anak (KIA), komitmen kepala daerah.



“Juga fasilitas bermain anak, seperti yang ada di taman Smart City Karang Nio yang memiliki fasilitas bermain anak, juga masuk dalam penilaian,” jelasnya, kemarin (09/04).

Untuk mendapatkan predikat tingkat pratama KLA nasional, Kabupaten Lebong harus memperoleh nilai minimal 500. Untuk itulah, diirnya meminta, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bisa bekerjasama mempersiapkan apa saja saja yang nantinya dibutuhkan tim verifikasi dalam melakukan penilaian.
“Kita ingin menunjukan bahwa Kabupaten Lebong bisa menjadi daerah KLA,” ujar Firdaus.(614)