Kegiatan Fisik Masih Favorit

foto:IST

CURUP, Bengkulu Ekspress – Empat Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yakni Kecamatan Curup, Padang Ulak Tanding, Binduriang dan Kota Padang telah melakukan musyawarwah rencana pembangunan (Musrembang) tahun 2019. Berdasarakan hasil musrembang 4 Kecamatan tersebut, rencana kegiatan fisik masih menjadi menjadi yang pertama diusulkan. Hal tersebut diakui Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong, Asli Samin.

“Hasil Musrenbang 4 Kecamatan tersebut usulannya masih kegiatan fisik seperti pembangunan jembatan, drainase dan jalan,” jelas Asli, kemarin (11/2).



Berkaitan dengan usulan program kegiatan fisik tersebut akan disetujui atau tidak tentunya masih akan dipertimbangkan lagi. Disetujui atau tidaknya usulan tersebut akan ditentukan masuk atau tidaknya
kedalam skala prioritas.

Yang pasti Bappeda sudah menghimbau agar mengusulkan program berdasarkan kebutuhan bukan kemauan. Hal tersebut dilakukan agar program yang diusulkan benar-benar bermanfaat, bukan malah disetujui tetapi akhirnya kegiatan fisik yang sudah di bangun terbengkalai.

“Usulan itu harus berdasarkan kebutuhan bukan kemauan, karena jika hal tersebut diabaikan pasti nantinya banyak yang sudah dibangun tetapi akhirnya terbengkalai,” imbuh Asli.

Masih dikatakan Asli, jika memang tidak disetujui melalui musrembang, Desa atau kelurahan bisa memanfaatkan ADD atau DD untuk melakukan pembangunan fisik. Karena ADD dan DD lebih cepat pelaksanaanya, ditambah lagi kegiatannya memang benar-benar dibutuhkan masyarakat. “Tidak ada salahnya memanfaatkan dana desa untuk membangun fasilitas desa yang memang benar-benar dibutuhkan,” pungkas Asli.

Musrembang tingkat desa sudah selesai dilaksanakan bulan Januari lalu. Bulan Februari masuk Musrenbang Kecamatan dengan waktu pelaksanaan sampai tanggal 21 Februari. Setelah itu baru dikakukan musrenbang Kabupaten tanggal 19 Maret nanti.(167)