Kecamatan Semidang Lagan Disetujui Mendagri

Asisten I Setda Pemkab Benteng, Drs. Hendri Donal, SH, MH
Asisten I Setda Pemkab Benteng, Drs. Hendri Donal, SH, MH

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Rencana pembentukan kecamatan baru, yakni Kecamatan Semidang Lagan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tampaknya tidak menemui kendala.

Jika tak ada aral melintang, Bupati Benteng, Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, bersama Wakil Bupati, Septi Peryadi, STP, Asisten I Setda Pemkab Benteng, Drs. Hendri Donal, SH, MH, serta predisium pembentukan Kecamatan Semidang Lagan, yakni Evi Susanti, yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Benteng akan mendatangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Rabu (24/1) hari ini.

“Alhamdulillah, surat persetujuan dari Mendagri sudah ditandatangani oleh Pak Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (DAK) tentang usulan pembentukan Kecamatan Semidang Lagan sudah diteken. Besok (hari ini,red), surat persetujuan itu akan kita jemput,” kata Hendri Donal.

Setelah surat persetujuan dikantongi, sambung Hendri Donal, pihaknya akan menyusun Peraturan Daerah (Perda) Tentang Kecamatan Semidang Lagan dan melaporkannya ke Gubernur Bengkulu.

“Setelah diverifikasi, barulah Pemprov menyampaikan kembali ke Bupati,” terangnya.

Hendri Donal mengatakan bahwa pihaknya hanya tinggal menunggu nomor register kecamatan yang akan dikeluarkan oleh Kemendagri.

Setelah semuanya tuntas, baru Pemda Kabupaten Benteng bisa meresmikan kecamatan baru yang berasal dari Kecamatan Karang Tinggi dan Kecamatan Talang Empat itu.

“Kuncinya adalah surat persetujuan dari Mendagri. Ditargetkan, nomor register akan keluar pada bulan Februari 2018 ini. Setelah diresmikan, Bupati bisa langsung menujuk Camat yang nantinya akan memimpin kecamatan baru itu,” pungkasnya.

Mendukung pembentukan kecamatan baru di Kabupaten Benteng, Hendri Donal mengaku bahwa Pemkab telah mempersiapkan dana khusus yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Benteng tahun 2018 ini.

“Sekitar Rp. 700 Juta telah kita siapkan untuk pelaksanaan kegiatan di Kecamatan baru. Selain itu, Pemda Kabupaten Benteng juga telah menyiapkan anggatan untuk pengadaan Mobil Dinas (Mobnas) khusus untuk operasional Camat Semidang Lagan,” jelasnya.

Lebih lanjut Hendri Donal menyampaikan, pembentukan kecamatan baru ini merupakan salah satu harapan masyarakat yang memang mengharapkan adanya pembentukan kecamatan baru agar pelayanan pemerintahan bisa lebih mudah.

“Dengan adanya kecamatan baru, sebagian desa yang berlokasi di pedalaman akan lebih mudah dalam mengurus adaministrasi pemerintahan di tingkat kecamatan,” demikian Hendri Donal. (135)