Kebutuhan Hewan Kurban, 4.468 Ekor

BENGKULU, BE – Kebutuhan hewan kurban di Provinsi Bengkulu mencapai 4.468 ekor tahun ini.  Tetapi, masyarakat tidak perlu khawatir, sebab Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) telah menyiapkan 7.277 ekor hewan kurban. Sehingga melebihi kebutuhan masyarakat.  “Hewan yang kita sediakan dalam kondisi sehat, seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Tetapi, untuk mendekati hari H nanti kami akan melakukan pemeriksaan kembali,” kata Kadisnakeswan Provinsi drh Irianto Abdullah, kemarin.

Ia mengatakan secara rinci kebutuhan sapi dan kerbau sekitar 261 ekor tapi ketersediaan stok sekitar 1.112 ekor. Sedangkan kebutuhan kambing sebanyak 3.503 ekor, namun ketersediaan stok mencapai 6.850 ekor.

Permintaan kerbau terbanyak di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dan Kaur. “kami telah menjamin hewan-hewan ini sehat. Tetapi, perlu dilakukan pengawasan, agar tidak ada hewan yang membawa penyakit, sehingga menular pada hewan lainnya atau masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan akan menerjunkan petugas untuk melakukan pengawasna terhadap hewan kurban. Masyarakat diminta secara pro aktif memeriksaan hewan kurban bila meragukan kesehatannya. “Petugas disetiap kabupaten dan Kota akan diterjunkan di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Sebelumnya, ia mengatakan perlunya mewaspadai penyakit jenis  virus Zoonius atau antrak. Sekalipun belum ditemukan ada di Bengkulu. “Dikhawatirkan ada herwan kurban dari daerah lain membawa virus itu (Antrak),” katanya.

Selain itu perlunya mewaspadai bakteri didalam tubuh hewan kurban, karena ada bakteri yang berbahaya yang bersarang dalam daging hewan. “Bila dikonsumsi bisa menimbulkan penyakit pada manusia,” katanya.(100)