Kebutuhan Daging Aman

RATU SAMBAN, BE – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak)  Kota Bengkulu menjamin keamanan stok daging sapi menjelang  lebaran Idul Fitri mendatang.  Kepala Distanak Kota Bengkulu,  Ir Arif Gunadi melalui H Hauliantua Pohan mengatakan,  masyarakat Kota Bengkulu tidak perlu khawatir dengan kebutuhan daging  khususnya  menjelang lebaran mendatang.   Kendati banyak peminatnya, di jamin stok tidak masalah, karena ketersediaan sapi yang disiapkan peternak cukup. “Kebutuhan daging saat bulan Ramadhan memang biasanya meningkat.   Permintaan akan  semakin tinggi menjelang lebaran. Tapi kami pastikan stok daging aman dan siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,”  katanya.
Agenda tahunan ini sudah  tidak asing lagi bagi pedagang,  mereka juga telah mengetahui  dan menghitung persentase kenaikan kebutuhan daging  mendatang.  Untuk tiap harinya,  pedagang daging sapi  mampu menghabiskan 1-2 ekor sapi,  dan jumlah itu meningkat jika permintaan tinggi.
Diakui  Hauliantua Pohan, pemotongan daging sapi ini tidak semua pedagang menggunakan  rumah potong hewan (RPH) yang ada di Kecamatan Kampung Melayu, mereka ada yang memotong di tempat RPH lainya.  Dan diprediksi  permintaan pada hari H-,  rata-rata memotong 10 sampai 14 ekor.  Jumlah  itu dinilai cukup memenuhi kebutuhan atau permintaan masyarakat.
Tak hanya  daging sapi, Distanak kota Bengkulu juga memastikan keamanan stok untuk ayam potong,  meski tidak semua ayam yang dihasilkan dari lokal Bengkulu.
Hal yang sama juga diungkapkan Kadiskeswan Provinsi,  Irianto Abdullah.  “Stok kita jaga terus, dan mengantisipasi penyakit  hewan  akan dibuat tim,” tukasnya. (247)