Kebun Warga Diserang Babi

HAMA babi menyerang puluhan hektar lahan pertanian warga di Desa Sumber Bening Kecamatan Sepulu Rejang.  Kondisi itu membuat tanaman warga rusak dan terancam gagal panen. “Kami tidak bisa berbuat apa-apa, tidak bisa memburu hama babi karena sebagian besar lahan pertanian sudah dipasang Mulsa,” kata Kijan (32) warga setempat.

iceritakan Kijan, hama babi yang merusak lahan pertanian warga tersebut tidak hanya satu ekor, bahkan warga cukup sering merlihat hama babi dengan ukuran cukup besar.  “Orang tua saya bahkan pernah melibat 7 ekor babi, saat sedang bekerja di kebun sayuran yang digarapnya.” terang Kijan.

Bahkan Kijan mengaku terancam merugi, karena satu bidang lahan pertanian miliknya yang di tanami kentang, dirusak oleh hama babi. “Kebun kentang itu bantuan Dinas Pertanian, hampir sebagian tanaman sudah rusak oleh babi. Kami tidak bisa melakukan perburuan karena sebagian petani sudah menanam,” sesal Kijan.

Kondisi yang sama digambarkan Samsul (45) warga Sumber Bening yang mengaku cukup sering menemukan jajak babi di kebun miliknya. “Ubi kayu yang saya tanam di pinggir pondok, sudah rusak semuanya oleh babi. Kami berharap pihak terkait bisa membantu kami untuk menghalau hama babi tersebut.” harapnya. (999)