Kebun Alpukat PNS Diduga Dibakar OTD

EVAKUASI: Tim dari PBK Dinas Satpol PP Lebong saat melakukan evakuasi kebakaran kebun alpukat milik PNS, kemarin (1/2).
EVAKUASI: Tim dari PBK Dinas Satpol PP Lebong saat melakukan evakuasi kebakaran kebun alpukat milik PNS, kemarin (1/2).b

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Kemarin (1/2) sekitar pukul 14.00 WIB, salah satu kebun Alpukat yang berada di kawasan Desa Taba Baru Kecamatan Lebong Atas Kabupaten Lebong milik PNS Dinas Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, Tekat (31) ludes terbakar.

Data terhimpun, kebakaran kebun alpukat diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal (OTD). Karena api dan kepulan asap tebal pertama kali dilihat oleh warga berada di kawasan tengah-tengah kebun tersebut. Kondisi perkebunan banyak semak belukar membuat kobaran api cepat menjalar.

“Api pertama saya lihat di tengah, saya kira ada yang membakar, tetapi tidak lama api mulai membasar, terus saya langsung menelpon dia (Tekat, pemilik kebun),” ucap Bahari, warga yang melihat kejadian, kemarin (1/2).
Sementara mengetahui informasi adanya kebakaran, tim Pemadam Kebakaran dari Dinas Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebong langsung menurunkan 1 unit mobil untuk memadamkan api, agar tidak merambat ke kebun-kebun warga lainnya.

“Kita dapat info langsung bergerak turunkan kendaraan yang kita miliki saat ini,” jelas, Kabid PBK Dinas Satpol PP, Johardi SH.

Dengan adanya kejadian ini, Johari berharap, agar masyarakat untuk bisa berhati-hati ketika membakar lahan.
“Kami mengimbau di musim panas ini sangat rentan terjadinya kebakaran,” sampainya.

Sementara Kapolsek Lebong Atas, Ipda Kuat Santosa SH yang langsung turun ke lokasi kebakaran mengatakan, pihaknya akan menyelidiki pristiwa ini. Apakah murni kebakaran oleh alam atau sengaja dibakar oleh orang.

“Kita belum bisa menyimpulkannya untuk saat ini, hanya saja kami meminta agar masyarakat tidak membakar lahan sembarangan tanpa adanya pengawasan,” singkatnya.(614)