Kawal Sekolah Aman dari Kekerasan

kekerasan_dalam_rumah_tangga
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bengkulu, mengajak seluruh sekolah di Kota Bengkulu, mengawal program sekolah aman dari tindakan kekerasan. Dengan membentuk program kawal sekolah aman. Diawali dengan pembuatan tim pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di sekolah. Masing-masing sekolah wajib memasang tanda/plang kawal aman dari kekerasan di sekolahnya.

“Dengan seperti ini jika terjadi tindak kekerasan pengaduannya cepat dan boleh siapa saja melapor tentu dengan identitas pelapor yang jelas,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Zainal Azmi MTPd.

Program kawal sekolah aman dibuat berdasaran memorandum of understanding (MOU) antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, PUPA dan DP3P2KB, tentang implementasi Permendikbud No 82/15. Pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di sekolah. Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kekerasan di sekolah.



Ada beberapa hal yang harus dilakukan sekolah diantaranya membuat kelompok kerja (pokja)/tim pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan. Membuat papan informasi aman di sekolah. Program ini sudah disosialisasikan sejak setahun lalu. Sudah ada beberapa sekolah menerapkan program. Bagi sekolah yang belum menerapkan mulai tahun ajaran baru wajib melakukannya. (247)