Kaur Tuan Rumah Harganas Kegiatan Dibuka 29 Juli

logo harganas
= logo Harganas==

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2018 ditetapkan di Kabupaten Kaur. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Bengkulu bersama Pemda Kaur akan menggelar beberapa rangkaian kegiatan Harganas yang akan dibuka pada tanggal 29 Juli mendatang.

Kepala BKKBN Perwakilan Bengkulu, Busmar Edisyaf SP MM mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi pentingnya peran keluarga untuk saling mencintai dengan anggota keluarganya. Sekaligus merencanakan masa depan keluarga sehingga terwujud kecintaan terhadap Indonesia. “Tahun lalu di Rejang Lebong dan tahun ini mudah-mudahaan sukses kita gelar di Kabupaten Kaur,” terang Busmar kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (28/6).

Menurutnya, Harganas memang harus terus diperingati setiap tahunnya. Sebab, keluarga merupakan investasi masa depan, di mana proses cinta dan kasih sayang dalam keluarga dapat terwujud dari berkumpulnya keluarga, berbagi, saling berkomuniksi dan berdaya. Temasuk, ketahanan keluarga akan dapat diraih apabila adanya saling dukung dan saling memotivasi antar anggota keluarga yang akan menciptakan ketahanan negara.

“Langkah ini akan mencegah terjadinya berbagai permasalahan dan tantangan dalam pengembangan keluarga saat ini seperti era digitalisme, radikalisme, terorisme, tingginya KDRT, NAPZA, HIV/AIDS, stunting, nikah dini, seks bebas dan perceraian,” paparnya.

Busmar melanjutkan, moment Harganas sejalan dengan pencapaian 50 tahun ulang tahun emas Provinsi Bengkulu. Diharapkan mampu menjadi wadah masyarakat untuk dapat mencintai keluarga, mencintai perencanaaan dalam berkeluarga dan mencintai Provinsi Bengkulu.

“Ini juga bentuk dukungan program prioritas gubernur untuk mencapai Bengkulu Cerdas, Bengkulu Sehat, Bengkulu Berbudaya, Bengkulu Bersih dan Profesional, Bengkulu Mapan, Bengkulu Maju dan Bengkulu Beriman,” tambah Busmar.

Dalam kegiatan Harganas di Kabupaten Kaur, beberapa kegiatan keluarga akan dilakukan. Seperti gerak jalan keluarga, lomba menggambar bersama ayah, bunda dan keluarga, lomba balita sehat bermain bersama keluarga, lomba foto keluarga, outbound keluarga, lomba nyanyi lagu daerah bersama keluarga, penampilan senam lansia, senam balita dan senam Genre, lomba banner kampung KB, donor darah, pelayanan KB gratis dan pelayanan kesehatan gratis.

Lalu ada juga lomba festival film pendek dengan tema pencegahan pernikahan dini di Kampung KB. Serta ada pawai kendaraan MUPEN dan PLKB. Termasuk kegiatan sosialisasi Harganas melalui peringatan hari puncak dan Talkshow di media radio dan televisi terkait Harganas juga akan dilakukan. Semua kegiatan tersebut akan dipusatkan di Kabupaten Kaur sebagai tuan rumah. “Sasaran yang kita libatkan mulai dari masyarakat umum, keluarga dan mitra kerja,” pungkasnya. (151/PRW)