Kaur Terbaik Dua Partisipasi Pemilih di Bengkulu

Meixxy Rismanto

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Partisipasi masyarakat Kabupaten Kaur dalam Pilkada Serentak 2020 cukup tinggi. Bahkan di Provinsi Bengkulu Kabupaten Kaur menduduki peringkat kedua setelah Kabupaten Lebong. Dari jumlah pemilih tertuang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 88.990 pemilih pada Pilkada kali ini, jumlah warga yang menyampaikan hak pilihnya mencapai 77.940 pemilih atau yang tidak memilih (Golput) tinggal menyisakan 11.050 pemilih lagi. Atau persentase pemilih mencapai 87 persen.

“Ya partisipasi masyarakat Kaur dalam pesta demokrasi ini kita tertinggi kedua di tingkat Provinsi Bengkulu, pertama itu Kabupaten Lebong,” kata Ketua KPU Kaur, Meixxy Rismanto SE Senin (14/12).

Dikatakan Ketua, partisipasi masyarakat ini salah satunya lantaran giatnya pihaknya menyuarakan untuk warga menyampaikan hak pilihnya pada pilkada 9 Desember yang lalu. Sehingga saat ini hanya sebagian saja warga yang tak menyampaikan hak pilih.

“Jadi mereka yang tidak memilih angkanya mencapai 11 ribu itu karena mereka memang tak lagi berdomisili di Kaur. Misalnya merantau atau ada yang memang sudah pindah keluar Kaur namun KTP masih di Kaur,” terangnya.

Ditambahkannya, tingginya partisipasi pemilih ini menunjukan kesadaran warga untuk menyampaikan hak suaranya sudah sangat tinggi. Kini warga seakan rugi bila tak menyampaikan hak suara. Bahkan berbagai upaya juga dilakukan petugas misalnya pemilih tak bisa datang ke TPS itu petugas datang ke lokasi pemilih bila sakit atau yang lainnya.

“Di Kabupaten Kaur masih banyak daerah perkebunan jadi banyak juga warga sudah terdata di data kependudukan namun saat pemilihan ternyata mereka sudah tak ada lagi di Kaur,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*