Kaur KembangkanJaringan Internet

IRUL/Bengkulu Ekspress MoU: Bupati Kaur, Gusril Pausi didampingi Kabag Humas dan Sekretaris Kominfo Kaur saat melakukan MoU dengan GM PT Telkom Bengkulu, Adam Widodo di ruang kerja Bupati Kaur, Kamis (13/6).

Bupati Tandatangani MoU dengan GM Telkom

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Dalam rangka menguatkan jaringan kabel serat optik serta mendekatkan brand Indihome ke tengah masyarakat, Pemkab Kaur bersama dengan PT Telkom Tbk, Kamis (13/6) menggelar memorandum of understanding (MoU) terkait dengan pembangunan dan pengembangan jaringan internet kabel serat optik se Kabupaten Kaur.

Setelah dilakukan MoU itu, dalam waktu dekat PT Telkom akan mengembangkan jaringan baru ke lokasi Padang Guci mulai dari Simpang Tiga Tanjung Kemuning hingga ke beberapa kecamatan lain di eks Kecamatan Kaur Utara. Selain itu juga mengoptimalkan pemasangan jaringan di beberapa kecamatan lain dalam wilayah Kabupaten Kaur.



“Kita berharap dengan kerjasama PT Telkom ini ke depan masyarakat dapat dengan mudah mengakses jaringan internet,” kata Bupati Kaur Gusril Pausi SSos MAp, usai menandatangani MoU bersama dengan General Manager (GM) Telkom Bengkulu, Adam Widodo ST, di ruang kerja Bupati Kaur, kemarin (13/6).

Dikatakan bupati, ada beberapa harapan dari Pemkab Kaur agar dapat dipenuhi oleh PT Telkom. Diantaranya pengembangan jaringan internet kepada setiap OPD hingga kecamatan dan Puskesmas serta sekolah dapat dilakukan. Saat ini baru tiga kecamatan yang sudah terjangkau jaringan internet Telkom, yakni Kaur Selatan, Tetap dan Kaur Tengah.  “Kecamatan lain ini sangat kita harapkan dapat dijangkau dalam waktu dekat melalui kabel optik bawah tanah sebab banyak fasilitas umum yang membutuhkan jaringan internet,” harap bupati.

Ditambahkan orang nomor satu di Kaur ini, ia juga mengharapkan perluasan jaringan kabel ini secepatnya dilakukan. Hal ini mengingat saat ini sejumlah sekolah seperti SMP sudah mulai menerapkan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang tentunya membutuhkan jaringan internet. Pemkab Kaur berharap kurun waktu yang tak terlalu lama sehingga jaringan internet tersebut dapat secepatnya dimanfaatkan oleh masyarakat dan sejumlah OPD yang membutuhkan.

“Saat ini sudah zaman digital, sehingga pelayanan internet sangat dibutuhkan, harapan kita dengan MoU ini kebutuhkan itu dapat secepatnya dipenuhi,” terangnya.

Sementara itu, GM PT Telkom Bengkulu Adam Widodo ST juga menyampaikan, setelah penandatangan MoU ini akan fokus membangun jaringan baru ke lokasi Kaur Utara yang saat ini memang belum ada jaringan kabel optik yang dibangun.

Sedangkan beberapa kecamatan lain seperti Kota Bintuhan akan dilakukan penambahan kapasitas serta peralatan untuk dapat menggunakan jaringan fiber optik. Begitu juga kecamatan yang sudah mendapatkan layanan internet seperti Tetap, Kaur Tengah, juga akan mendapatkan tambahan layanan.  “Dalam satu dua bulan ke depan perluasan jaringan ini akan kita lakukan sehingga dalam waktu dekat dapat dinikmati oleh masyarakat,” tandasnya. (618)