Kaur Jamin Dana Sertifikasi Cukup

KOTA BINTUHAN, BE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kaur memastikan, tahun ini tidak akan terjadi kekurangan anggaran untuk membayar tunjangan sertifikasi guru maupun non sertifikasi. Termasuk kekurangan tunjangan guru sertifikasi banyak 3 bulan yang belum dibayarkan tahun 2012 segera dibayarkan.
“Dana tersebut sudah disetujui oleh pusat sesuai dengan jumlah guru sertifikasi, namun semuanya pasti akan dibayarkan sesuai SK dirjen, sedangkan kekuranganya akan dicairkan pada APBD-P 2013 nantinya,” ujar Kepala Dispenbud Kaur M Daud Abdullah melalui Kabid Dikdas Yuhardi, kemarin.
Dikatakanya, jumlah guru bersertifikasi yang sudah dibayarkan tahun ini sebanyak 588 orang. Sementara dana yang telah disetujui sebesar Rp 25 miliar dan ditambah sisa uang tahun 2012 yang belum dibayarkan sebesar Rp 1,9 miliar yang masih disimpan di rekening kas daerah (Kasda).
“Kewajiban sertifikasi sudah dibayarkan tahun ini, selain pembayaran per triwulan terhadap 588 guru bersertifikasi, guru nono sertifikasi. Semuanya sudah dibayarkan,” jelasnya.
Menurutnya, untuk kekurangan sertifikasi tahun 2012 senilai Rp 1,9 miliar untuk 3 bulan. Pihak Dinas sudah melakukan pengusulan agar dalam APBD-P bisa dibayarkan, namun anggaran tersebut hanya dibisa dibayarkan satu bulan. Lantaran anggaran tidak mencukupi.
“Pihaknya sudah mengusulkan kembali kekurangan selama dua bulan tersebut ke Dirjen Pendidikan pusat, namun itu akan dilaksanakan pada tahun 2014 mendatang,” katanya.
Sementara itu, Kepala DPPKAD Kaur Ersan Syafiri MM melalui Kabid Anggaran Helittza Okkie SKom mengatakan, kekurangan sertifikasi tahun 2012 lalu. Bisa dibayarkan pada tahun 2013 ini namun menunggu perubahan anggaran. “Pihaknya sudah melakukan konsultasi ke Kemenkue, bahwa tunjangan tersebut bisa dicairkan sesuai dengan aturan, Namun yang akan dibayarkan tetap menunggu perubahan anggaran,” jelasnya. (823)