Kasda Online Resmi Dimulai

SERAHKAN: Kepala Bank Bengkulu Cabang Manna saat menyerahkan dokumen berita acara gedung kasda online kepada Bupati Bengkulu Selatab di ruang kerja Bupati Bengkulu Selatan, Jum’at (26/1).
SERAHKAN: Kepala Bank Bengkulu Cabang Manna saat menyerahkan dokumen berita acara gedung kasda online kepada Bupati Bengkulu Selatab di ruang kerja Bupati Bengkulu Selatan, Jum’at (26/1).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Setelah sebelumnya, 8 Desember 2017 lalu pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) Pemda Bengkulu Selatan dengan Bank Bengkulu dan BPKP. Mulai tahun ini pengelolaan keuangan daerah BS dengan aplikasi Kas Daerah (Kasda) secara online.

“Mulai saat ini pengelolaan keuangan Bengkulu Selatan melalui Kasda Online yang bekerja sama dengan Bank Bengkulu,” kata Bupati Bengkulu Selatan, H. Dirwan Mahmud, SH, usai menerim penyerahan gedung Kasda Online yang diserahkan Kepala Bank Bengkulu Cabang Manna Bengkulu Selatan di ruang kerja Bupati Bengkulu Selatan, Jum’at (26/1).

Dirwan mengatakan pembangunan gedung kasda di areal Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang merupakan bantuan Bank Bengkulu ke Pemda Bengkulu Selatan melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan diserahkannya gedung Kasda Online, maka pengelolaan Kasda secara online sudah diberlakukan di Bengkulu Selatan.

“Dengan pengelolaan Kasda secara Online, maka diharapkan pengelolaan keuangan daerah semakin transparan,” ujarnya.

Dirwan menjelaskan, dengan kasda online, dapat menjadikan pengelolaan keuangan daerah semakin optimal. Sebab bisa lebih efektif dan akurat. Sehingga diharapkan terwujudnya pengelolaan kas daerah yang terintegrasi, terkontrol dan tercatat. Dengan begitu akan mempermudah pengurusan yang berkaitan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak ketiga yang menjadi mitra kerja Pemerintah, sehingga anggaran tersebut transparan dan akuntabel.

“Dengan kasda online, realisasi anggaran dapat dipantau semua pihak, sehingga dapat mencegah praktek korupsi,” imbuh Dirwan.

Dirwan menambahkan, akan diketahui mana OPD yang realisasi anggarannya rendah atau sudah maksimal. Dengan begitu, dirinya bisa melihat sejauh mana kinerja masing-masing OPD di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan.

“Dari Kasda online ini, dapat diketahui sejauh mana serapan anggaran di setiap OPD, jika kurang maksimal, dapat menjadi bahan evaluasi,” demikian Dirwan. (369)