Karya Seni Tari SMPN 1

4BENGKULU, BE– Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 kota Bengkulu menggelar pentas karya seni tari siswa. Kegiatan ini berkaitan dengan pengambilan nilai seni  seni budaya untuk ujian praktek bagi kelas 9.
Pagelaran karya seni itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, yang diwakili oleh Kabid Dikdas, Gunawan PB. Gunawan sangat mengapresisasikan apa yang telah dilakukan para pelajar sekolah favorit itu.
“SMPN 1 selalu memberikan yang berbeda dari sekolah lain. Kalau SMPN 1 ini menciptakan, sedangkan sekolah lain melaksanakan pentas seni yang ada, ” katanya.
Kegiatan itu tidak akan berhasil jika tidak ada dukungan dari komite. Karena untuk menghasilkan yang baik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika hanya mengandalkan anggaran dari Biaya Operasional Sekolah (BOS).
”Terimakasih kepada komite  atas dukungan hingga terselenggaranya kegiatan ini dengan baik, ” ujarnya.
Sementara itu, Kepsek SMPN 1, Idiarman mengatakan  karya seni siswa ini telah disiapkan sejak lima bulan lalu. Para siswa itu dalam menghasilkan karya terlebih dahulu dilakukan pembuatan perencanaan, sinopsis, gerakan hingga  memadukan gerakan dan  musik yang diciptakan  hingga pegelaran ini dilakukan.
“Gerakan tari itu murni karya siswa sendiri. Tiap kelompok memiliki gerakan berbeda. Sinopsisnya, tergantung dengan  ide masing-masing kelompok,” katanya.
Dalam pengambilan ujian akhir itu, proses penilaian dilakukan mulai dari gerakan, kekompakan, ide dan keserasian gerakan tari dengan musik.
“Karya seperti ini sudah lama diciptakan. SMPN 1 menciptakan karya seni dan bukan mencontoh. Kita ingin  menerapkan pada anak mampu membuat gerakan baru tanpa harus menirukan gerakan sebelumnya, ” tandasnya.(247