Karya Bakti TNI Buka Akses Desa Talang Alai

Jefryy/Bengkulu Ekspress - Kegiatan Karya Bakti yang di tutup secara resmi kemarin (18/4), oleh Bupati Seluma Bundra Jaya dan dihadiri pula Danrem 041/Gamas Bengkulu Kol Inf Irnando Arnold B. Sinaga.
Jefryy/Bengkulu Ekspress – Kegiatan Karya Bakti yang di tutup secara resmi kemarin (18/4), oleh Bupati Seluma Bundra Jaya dan dihadiri pula Danrem 041/Gamas Bengkulu Kol Inf Irnando Arnold B. Sinaga.

SAM, Bengkulu Ekspress – Kegiatan Karya Bakti TNI Satkowil 0425/Seluma, di Desa Talang Alai, Kecamatan Semidang Alas Maras, kemarin (18/4), resmi ditutup Bupati Seluma H Bundra Jaya SHMH.

Ikut hadir Danrem 041/Gamas Bengkulu Kol Inf Irnando Arnold B. Sinaga. Karya Bakti TNI dilaksanakan dengan membangun sejumlah fasilitas umum dan fisik normalisasi alur sungai, serta pembuatan bronjong sepanjang 50 meter. Karya Bakti TNI mewujudkan akses yang lebih lancar dan lebih baik bagi warga Desa Talang Alai dalam melakukan aktivitas sehar-hari dan kegiatan ekonomi.
Komandan Kodim (Dandim) 0425 Seluma Letkol Inf Wiwit Jalu Wibowo menegaskan, normalisasi alur sungai dan pembuatan bronjong sepanjang 50 meter, baru bisa terlaksana melalui kegiatan Karya Bakti TNI dengan dukungan dari Pemda Seluma. Dengan dukungan anggaran Rp 1 miliar melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Seluma, 2018.

“Pembangunan jembatan akses bagi masyarakat menuju sentra perkebunan dan pertanian tersebut dikerjakan selama 1 bulan. Melibatkan 150 personel dan dibantu oleh masyarakat setempat,” ujarnya.

Pelaksanaan pengerjaan pembangunanya melibatkan 150 personel gabungan dibantu masyarakat setempat. Selain kegiatan fisik, Kodim 0425 Seluma, bersama juga melaksanakan kegiatan non fisik, seperti penyuluhan bahaya narkoba, wawasan kebangsaan dan bela negara, serta pengobatan gratis dan program pelayanan KB. Sebagaimana diketahui Jembatan di Desa Talang Alai ini, sebelumnya sempat di sidak Bupati Bundra Jaya bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda), sehari pasca banjir bandang melanda dan memutuskan akses jalan sentra pertanian pada 23 Desember 2017.

“Kita berharap karya bakti ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk mepermudah akses jalan,” imbuhnya.

Bupati Bundra Jaya dalam sambutannya, sangat mengapresiasi dan selalu mempercayakan TNI melalui kegiatan karya baktinya untuk merehab jembatan ini, agar cepat selesai sehingga dapat berfungsi kembali untuk aktifitas para petani di desa tersebut.

‘’Saya apresiasi kerja keras TNI dalam membantu pemerintah daerah bersama bersinergi membangun Kabupaten Seluma, yang kita cintai ini. Melalui Karya Bakti TNI bisa cepat menormalisasi alur sungai dan pemasangan bronjong pada jembatan, agar masyarakat setempat dapat beraktifitas kembali,’’ kata Bundra.

Dikatakan Bundra, jembatan Desa Talang Alai ini, satu-satunya akses yang digunakan petani untuk melaksanakan aktivitasnya menggarap lahan pertanian dan perkebunan mereka. Dengan telah selesainya pembangunan jembatan ini, aktivitas mereka kembali normal diharapkan semakin meningkatnya taraf kehidupan ekonomi masyarakat di Desa Talang Alai.

‘’Semoga kerja sama yang baik antara Pemkab Seluma dan TNI ini kedepan terus terbinah dan berlanjut dalam membantu Pemkab mewujudkan pembangunan di Kabupaten Seluma,’’ sampainya.

Dikesempatan sama Danrem 041 Gamas, Letkol Inf Arnold AB Sinaga, juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pemkab Seluma, yang telah mempercayakan pengerjaan pembangunan jembatan Talang Alai ini kepada Kodim 0425 Seluma. Dirinya juga berharap kerjasama ini akan terus berlanjut untuk kegiatan lainnya dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Seluma.

‘’Saya atas nama Kodim 0425 Seluma, juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Seluma, yang telah mempercayakan pembangunan jembatan ini kepada kami melalui karya bakti ini. Juga kepada kepala desa dan perangkatnya, serta masyarakat Desa Talang Alai, yang telah ikut membantu pembangunan jembatan ini. Semoga kedepan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut disegalah bidang demi kemajuan Kabupaten Seluma,’’ pungkasnya. (333)