Karmawanto MPd

Sekretaris KPU Provinsi Bengkulu,  Karier Gemilang dari Displin

RIO-ENI KHAIRANI DAFTAR DPD RI (12) DSC_0937SEKRETARIS Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Karmawanto MPd awal karirnya dari guru mata pelajaran matematika di SMAN3 Kaur, sejak 1991. Ketika itu, ia baru menamatkan Diploma III di Universitas Bengkulu. Setelah 13 tahun mengabdi, bersamaan dengan Kaur menjadi kabupaten sendiri, tahun 2004 ia pun menjadi kepala SMPN I Muara Sahung.
Berkat prestasi yang dimilikinya, ia hanya satu tahu menjabat sebagai kepala sekolah, kemudian dipercaya duduk di jabatan struktural di Dinas Pendidikan Kaur. Posisi esselon II langsung ia duduki saat memulai karier struktural itu. Tiga tahun kemudian, 2007, Karmanto menjadi Kabid di Bappeda Kaur hingga pertengahan 2007. Kariernya pun terus gemilang, kemudian ia dipercaya memimpin  Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Kaur selama 3 tahun. Terus mendapat promosi menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kaur, hingga dipercaya menjadi Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kaur.
“Setelah 20 tahun mengabdikan diri di Kaur, saya mengajukan pindah ke Pemda Provinsi,” ungkap bapak 4 orang anak ini. Ia mengajukan untuk pindah sejak Maret 2012, kemduain Juni 2012 ia resmi menjadi Sekretaris KPU Provinsi Bengkulu. Ia bisa menjadi Sekretaris KPU Provinsi setelah menyisihkan dua saingannya melalui Fit and Proper Test oleh komisioner KPU yang lama.
Selama meniti karir, suami dari Tini Kartini SKM ini mengatakan, ia mengalir seperti mengikuti air. Namun, menurutnya yang paling utama yang harus dilakukan sebagai pegawai negeri sipil (PNS) adalah disiplin. Sifat disiplin yang ia miliki itu memang sudah ditanamkannya di dalam jiwa sejak kecil dengan didukung bimbingan orang. Selain itu, kedisiplinannya juga dibentuk melalui gerakan kepanduan Pramuka sejak kecil. Sehingga ia selalu mengammalkan segala yang ai dapatan dari Pramuka.
Meski disiplin yang paling utama, namun, katanya, masih banyak faktor lain yang bisa membuat karirnya seperti tersebut. Diantaranya, loyalitas kepada atasan. Baginya, loyalitas yang ia lakukan sejauh apa yang diperintahkan atasan untuk kebaikan dan kemajuan lembaga. Dalam menjalani semua pekerjaannya, ia tidak pernah menunda pekerjaan yang diberikan. Jika pekerjaan tersebut ditunda maka akan semakin banyak.
Sementara itu, mengenai kepindahannya yang dari satu instansi ke instansi lainnya, ia mengatakan itu merupakan resiko yang harus diterima seorang PNS. “Sudah menjadi resiko seorang PNS yang berpindah-pindah, dan seorang PNS harus siap dipindahkan kemana saja dan kapan saja,” uajrnya.

Siap Sukseskan Pemilu 2014
PEMILIHAN umum (Pemilu) yang akan berlangsung 2014 nanti menjadi pekerjaan besar yang akan ikut dihadapi Karmawannto. Terlebih, kini komisioner KPU Provinsi yang  baru. Namun, ia dan tim siap menyukseskan Pemilu menjadi pemilu yang jujur dan adil serta independen. Bentuk dukungan yang ai lakukan, yaitu sesuai dengan tugasnya di bidang administrasi.
Karmawanto beserta tim lainnya siap melaksanakan semua tugas yang diputuskan komisioner KPU. Sehingga harapan masyarakat untuk pemilu yang jujur dan adil serta independen dapat trealisasi dengan baik. Dalam menjalankan tugasnya ia selalu menjadikan rekan kerjanya sebagai kawan sehingga tercipta suasana kerja yang menyenangkan sehingga pekerjaan dapat dilaksanakana dengan baik dan apa yang diharapakan bisa tercapai.
“Kita akan berusaha menciptakan Pemilu yang Jurdil dan Independen, yang selama ini menjadi harapan bangsa ini,” ungkap pria yang gemar memancing ini. (ari)