Karateka Rejang Lebong ke Nasional

Ary, Karateka Rejang Lebong go nasional
IST/Bengkulu Ekspress
Fathi Alam Saifullah, karateka Rejang Lebong yang akan mewakili Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional ajang O2SN. Fathi mewakili Bengkulu setelah dalam ajang O2SN Bengkulu meraih dua medali emas dari kategori Kata dan Kumite untuk pelajar SMP Putra.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Meskipun pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Bengkulu akan berakhir hari ini, namun Karateka asal Kabupaten Rejang Lebong sudah dipastikan akan mewakili Provinsi Bengkulu ke O2SN tingkat nasional.

Karateka Rejang Lebong yang akan mewakili Bengkulu ke tingkat nasional tersebut adalah Fathi Alam Saifullah. Fathi saat ini tercatat sebagai siswa kelas II SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. “Alhamdulillah Fathi akan mewakili Provinsi Bengkulu ke nasional dalam ajang O2SN tingkat nasional,” sampai pelatih Fathi, Serda Ari Yanto saat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress melalui nomor Hp miliknya.

Dijelaskan Serda Ari, Fathi akan mewakili Provinsi Bengkulu dalam ajang O2SN tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Yogyakarta pada akhir tahun 2018 ini, setelah dalam ajang O2SN tingkat Provinsi Bengkulu ia menyabet dua emas sekaligus yaitu dalam kategori Kata dan Kumite putra tingkat pelar SMP.



“Memang dalam ajang ini, setiap karateka akan mengikuti kategori kata dan kumite, yang mendapatkan emas keduanya akan melaju ke nasional,” terang Serda Ari yang saat ini bertugas di Koramil 409-05/Curup Kodim 0409 Rejang Lebong tersebut.

Menurut Ari, Fathi memang memiliki potensi dalam beladiri karate, karena memang Ari yang menjadi pelatihnya sejak Fathi masih duduk di bangku SD. Dimana menurut Ari, Fathi sudah kerap menjuarai sejumlah turnamen mulai dari tingkat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Bahkan saat masih duduk dibangku SD Fathi sempat ikut O2SN tingkat Provinsi Bengkulu, hanya saja ia hanya meraih mendali perak dan gagal mewakili Bengkulu ke nasional. “Saat O2SN Fathi masih SD dulu, ia baru dapat perak, kita maklumi karena itu kali pertamanya mengikuti O2SN,” terang Serda Ari.

Dengan mewakili Provinsi Bengkulu ke kancah nasional tersebut, Serda Ari mengaku, akan mempersiapkan Fathi sehingga bisa mengharumkan nama Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional. Dimana menurutnya sejumlah latihan akan ia siapkan sebelum masuk training center yang akan dilaksanakan di Bengkulu

“Sebelum mengikuti TC secara terpusat di Bengkulu, saya akan siapkan dulu di Rejang Lebong dengan memberikan latihan-latihan yang lebih intensif lagi kepada Fathi,” sampai Ari.

Dalam kesempatan tersebut, Ari juga mengungkapkan, meskipun dari cabang karate hanya Fathi yang mampu mewakili Bengkulu ke nasional, namun ia tetap berbangga, karena dalam ajang O2SN tingkat Provinsi Bengkulu tersebut, tim karate Rejang Lebong menorehkan sejumlah prestasi lainnya, seperti meraih 2 perak dari kategori SD putra yang diraih oleh M Farel, kemudian kategori SD Putri, atlet karate Rejang Lebong atas nama Gumayang juga meraih 1 perak dari kelas Kata. Sedangkan untuk kategori SMP Putri, juga berhasil meraih 1 perak dari kelas Kata atas nama Nurita Andini. Namun untuk kategori SMA, menurut Ari belum ada medali yang bisa diraih kontingan dari Rejang Lebong. (251)