Kapolres: Ganggu Pemilu, Tembak!

ilustrasi-pistol
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Kepolisian Resort (Polres) Kaur bersikap tegas, bagi masyarakat atau siapapun yang mencoba mengganggu jalannya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Sebab, jika itu dilakukan, bakal terkena timah panas petugas. Hal ini disampaikan Kapolres AKBP Arief Hidayat SIK disela-sela peletakan batu pertama bedah rumah di Desa Tanjung Bunga Kecamatan Tetap, Sabtu (13/4).

“Terkait tindakan tembak ditempat, pertama jika ada pihak-pihak yang mengganggu jalannya Pemilu dan yang mengarah ke perbuatan tindak pidana, saya perintahkan tembak di tempat,” tegas Kapolres.

Dikatakan Kapolres, pihak kepolisian bersama pemerintah dan KPU menjamin pendistribusian logistik berlangsung aman. Hingga saatnya dikembalikan lagi setelah pemungutan suara. Juga jika ada pihak yang mencoba mengganggu jalannya proses demokrasi, diintruksikan agar anggota Polri melakukan tindakan tegas dan terukur. “Kalau memang perlu tembak di tempat, ya tembak. Dan mudah-mudahan dalam pelaksanaan Pemilu di Kaur ini berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Ditambahkan Kapolres, ada ratusan personil gabunan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu pada 17 April besok. Bahkan, jika diperlukan personil pengamanan akan ditambah. Sehingga, situasi tetap terkendali. Personil pengamanan itu terdiri dari kepolisian TNI, Linmas, Satpol PP, dan elemen masyarakat.



“Untuk personel kita ada penambahan dari Polda 55 orang, dan juga nanti dibantu oleh anggota TNI 70 orang. Juga pemilu ini adalah kerjaan kita, maka semua harus ikut terlibat untuk mengamankan pelaksanaan pemilu 2019,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kaur Mexsi Resmanto SE mengatakan, semua pihak turut bertanggung jawab mengamankan dan menjaga proses pendistribusian logistik. Dimana untuk proses pendistribusian logistik akan dimulai H-3. KPU memastikan saat hari H, logistik sudah berada di TPS masing-masing. Saat ini KPU melakukan pengepakan surat suara sebelum diisi dalam kotak suara. Sebelum dilakukan pendistribusian, KPU akan mengecek ulang logistik sehingga tidak terjadi  “Ya untuk persiapan sudah 90 persen dan untuk proses pendistribusian logistik akan dimulai H-3 atau besok, dan saat ini kita sedang merampungkan pengepakan surat suara,” jelasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*