Kapolda Lantik 465 Bintara Polri

CURUP, BE – Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu akhirnya menelurkan lulusan bintara untuk pertama kalinya. Hal itu ditandai dengan pelantikan 465 bintara Dalmas Polri yang telah menjalani pendidikan selama 7 bulan, Senin (30/12).
Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol Tatang Somantri atas nama Kapolri Jenderal Sutarman secara resmi melantik para siswa yang berasal dari 8 provinsi tersebut di SPN Bukit Kaba. Tampak hadir dalam upacara pelantikan tersebut Gubernur Bengkulu, H. Junaidi Hamsyah, Bupati RL, H. Suherman, SE, MM, petinggi jajaran Polda Bengkulu serta pejabat dari sejumlah provinsi tetangga. “Resmi dilantik sebagai bintara artinya resmi mengemban amanah negara, sebagai tugas perdana para brigadir akan bertugas mengamankan Pemilu Legislatif (Pileg) April 2014 mendatang,” tegas Tatang.
Tatang Somanti meminta, para brigadir baru dapat menunjang kinerja aparat kepolisian khususnya dalam menghadapi Pemilu 2014, serta persiapkan untuk sejumlah agenda nasional lainnya. Kapolda juga mengingatkan personel Polri agar dapat menjadi sosok yang bersahabat bagi masyarakat sehingga dalam penegakan hukum di lapangan nanti tetap objektif dan mengedepankan Hak Asasi Manusia (HAM). “Anggota polisi diharapkan dapat menjadi pedoman dalam segala tindak sehingga dapat bermasyarakat dengan masyarakat dan dalam penerapan hukum tetap mengedepankan HAM,” tegas Tatang.
Untuk diketahui, total 465 berasal dari 8 provinsi. Rinciannya Provinsi Bengkulu 273 orang, Provinsi Riau 22 orang, Sumatera Utara 15 orang, Jambi 8 orang, Jawa Barat 123 orang, Lampung 21 orang dan Bali 3 orang. Sementara untuk penempatan akan terbagi untuk 2 Polda saja. Masing-masing di Polda Bengkulu 266 orang dan Polda Jawa Barat 199 orang. Total jumlah yang ditempatkan di Polda Jawa Barat adalah gabungan dari jumlah provinsi lainnya ditambah 7 orang asal Bengkulu. (999)