Kapolda Bengkulu Resmikan Kampung Berseri, Perkuat Ketahanan Pangan Masyarakat

 

RIO/BE
TINJAU POSKAMLING: Kapolda Bengkulu Irjen pol Teguh Sarwono didampingi Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi meninjau fasilitas serta kesiapan personil poskamling dalam rangkaian peresmian Kampung Berseri Sejahtera di Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu, Kamis (30/7).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi meremikan Kampung Berseri Sejahtera di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Kamis (30/7).

Kapolda mengatakan, kampung berseri dibentuk berdasarkan arahan dari Pemerintah Pusat untuk mencanangkan ketahanan pengan masyarakat menghadapi dampak wabah covid-19. Karena akibat dari dampak covid-19 seluruh sektor kehidupan, baik itu ekonomi, kebudayaan, sosial dan keamanan terdampak cukup signifikan.

“Karena dampak dari covid-19 kita sama-sama merasakan dampaknya mulai dari ekonomi, kebudayaan, sosial da keamanan,” jelas Kapolda.
Dengan adanya kampung berseri sejahtera, masyarakat mampu meningkatkan produktifitas dalam kondisi apapun, khususnya dampak covid-19 dan menghadapi adaptasi kehidupan baru ditengah pandemi. Kampung berseri sejahtera tentu saja bukan hanya namanya, pada kampung tersebut masyarakat mampu hidup mandiri, produktifitas masyarakat tinggi, mereka memanfaatkan hasil laut untuk memenuhi kebutuhan. Seperti membuat ikan asin, membuat kerajinan tangan dari kerang dan membuat makanan dari hasil laut.

“Kampungnya bersih dan sehat meski dipesisir, masyarakatnya mandiri. Produktifitasnya tinggi, mereka mampu membuat usaha pengolahan ikan asin, kerajinan dari kerang dan makanan dari hasil laut,” imbuh Kapolda.

Wakil walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi berharap kampung berseri di Kelurahan Sumber Jaya tersebut bisa dijadikan percontohan Kelurahan lain di Kota Bengkulu. Karena Kampung Berseri di Kelurahan Sumber Jaya mengandalkan sektor pariwisata selain hasil laut, Wawali menghimbau agar seluruh masyarakat, perangkat lurah selalu menghimbau wisatawan menggunakan masker. “Aturan menggunakan masker tersebut kita jadikan percontohan khususnya di kampung nelayan,” pungkas Wawali.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Bengkulu didampingi PJU Polda Bengkulu memberikan bantuan ratusan karung beras kepada masyarakat, memberikan bantuan tempat cuci tangan.

Kapolda juga melihat langsung beberapa inovasi masyarakat seperti rumah khusus perawatan covid-19, pengolahan ikan asin, kerajinan kerang dan makanan ringan.(167)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*