Kapal Tak Berangkat, Bahan Kebutuhan Pokok Tak Bisa Dikirim ke Pulau Enggano

RIO-KAPAL NELAYAN TRAWL PL BAY (3)
foto : ist

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Semenjak Kapal Ferry dan Kapal Perintis rute Pelabuhan Pulaubaai-Pulau Enggano tidak berangkat sebulan terakhir. Kebutuhan pokok untuk warga Enggano tak bisa dikirim ke sana. Dampaknya warga hanya menumpukkan hasil panennya di rumah masing-masing dan tak memperoleh pendapatan.

Hal tersebut dikatakan Salah Seorang Warga Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, berinisial SP

“Sudah lebih sebulan jadwal keberangkatan reguler tidak ada kepastian. Masyarakat khususnya petani, nelayan banyak dirugikan karena barang mereka banyak yang rusak,” kata SP yang enggan nama jelasnya disebutkan kepada Bengkuluekspress.com (1/8).

Dalam sebulan ini hanya ada pemberangkatan 2 kali ke Enggano, baik Kapal ferry maupun Perintis. Jadinya banyak kebutuhan pokok untuk dikirim ke warga Enggano terpaksa dititipkan ke rumah warga di Kelurahan Sumber Jaya. Tak hanya itu, Rastra (Beras Sejahtera) dan logistik juga tidak bisa di kirim ke Enggano. Karena kapal tidak berlayar.

“Kita minta kepastian, alasannya tidak ada izin,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Ir. B. Budi Djatmiko, MM. saat dihubungi via telepon mengatakan, “Saya lagi dinas luar ke Surabaya ada diklat. Setahu saya dapat laporan dari Pelni infonya berangkat dan dari KSOP juga begitu,” terangnya. (HBN)