Badai, Penarikan Kapal Golines II di Pantai Merpas Terganggu

BINTUHAN, BE- Hujan deras disertai badai membuat nelayan menghentikan aktifitas melautnya. Bahkan, badai membuat Kapal Tanker Golines II nyaris terbalik saat penarikan akibat terdampar 8 bulan lalu di Pantai Desa Merpas, Kecamatan Nasal. Penarikan yang dilakukan menggunakan kapal Toug Boat terpaksa dihentikan hingga badai reda. Penarikan dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB kemarin, saat hujan deras. Kapal yang sudah berada dipingir pantai, kembali bergeser ketengah akibat hantaman badai yang kuat.

Kepala Desa Merpas Darul Qotni mengatakan Kapal Golines II sebelum ditarik, ABK (Anak Buah Kapal) melakukan uji coba terhadap mesin selama 5 jam. Tetapi mesin masih mengalami kerusakan. Karena, kerusakan mesin sangat parah, diputuskan kapal tersebut ditarik ke dermaga. “Saat ini mereka  terus bekerja melakukan  penarikan kapal. Jika ada yang dibutuhkan, pihak desa selalu membantu, agar kapal tersebut bisa berlayar kembali,” jelasnya.

Diketahui, Kapal Golines II berlayar menuju Seblat, Bengkulu Utara dari Jakarta untuk mengangkut CPO. Namun saat berada di perairan Manna, Bengkulu Selatan, tiba-tiba mesin kapal mati.  Hal ini  menyebabkan kapal tersebut terdampar. “Saat ini kapal sudah ditangani pihak Jakarta, baik mulai dari mekanik kapal dan juga penarikan, namun hingga sekarang kapal tetap sulit untuk begeser, ditambah cuaca yang buruk, namun untuk keamanan pihak desa sudah mengatasinya bersama pihak hukum,” jelasnya.(823)