Kantor Pos Mulai Salurkan BST

ARY/BE
Masyarakat tengah mengantre pencairan BST di Kantor Pos Curup Kamis (14/5) kemarin. Kuota penerima BST di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 4.464 KPM.

CURUP, Bengkuluekspress.com – Terhitung sejak Kamis (14/5) kemarin, Kantor Pos Cabang Curup mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi keluarga penerima manfaat di Kabupaten Rejang Lebong. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi SE MM mengungkapkan kuota penerima BST di Kabupaten Rejang Lebong seabnyak 4.464 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Kemarin kuota yang kita terima dari Kemensos sebanyak 4.464 KPM, khusus untuk di Kantor Pos Curup ini sebanyak 1.404 KPM,” sampai Zulfan disela-sela kunjungannya di kantor pos Curup kemarin.

Mereka yang mengambil di Kantor Pos Cabang Curup kemarin, kemarin menurut Zulfan adalah para KPM yang berasal dari lima kecamatan yang ada diwilayah Kota Curup yaitu Curup Selatan, Curup Tengah, Curup Utara, Curup dan Curup Timur. Kemudian untuk kecamatan lainnya mengambil dikantor pos terdekat yaitu di kantor pos Samberejo, kantor pos Blitar dan kantor pos Bermani Ulu.

Lebih lanjut Zulfan menjelaskan, penerima BST ini sendiri, datanya mereka himpun dari tingkat bawah yaitu dari tingkat desa dan kelurahan, kemudian mereka masukkan datanya ke aplikasi milik Kementerian Sosial, dalam proses verifikasi sendiri menurut Zulfan ada beberapa kali data invalid sehingga harus mereka perbaiki ulang bahkan hingga kemarin menurutnya masih ada data yang belum valid dari kuota yang diterima Kabupaten Rejang Lebong.

Lebih lanjut Zulfan menjelaskan, terkait dengan bantuan dari pemerintah maupun pihak lainnya, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong saat ini tengah berupaya agar seluruh masyarakat Rejang Lebong khususnya yang terdampak pandemi Covid-19 mendapatkan bantuan. Sehingga menurutnya untuk masyarakat yang tidak mendapatkan BST ataupun PKH nanti akan ada bantuan lainnya yang disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

“Dengan berbagai bantuan yang ada saat ini nantinya sekitar 60 persen masyarakat yang ada di Rejang Lebong ini akan mendapatkan bantuan,” terang Zulfan.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Curup, Abdul Jamil menjelaskan dalam proses penyaluran BST Kemensos kemarin mereka sudah melakukan penjadwalan pengambilan dari masing-masing kecamatan yang mengambil di kantor pos Curup. “Sebelumnya juga kita sudah memberikan data-data penerima ke Lurah dan Kades untuk disampaikan ke masyarakat yang menerima BST ini,” terang Jamil.

Proses pengambilan BST sendiri menurutnya tidak hanya dilakukan sehari saja, sehingga KPM yang kemarin belum bisa mengambil maka bisa dilakukan hari ini.

Selanjutnya dalam proses pengambilan BST sendiri, pihaknya juga tetap menerapkan protokol penangggulangan Covid-19, protokol yang ditetapkan tersebut seperti menjaga jarak, kemudian menggunakan masker.

Untuk persyaratan yang harus dibawa masyarakat sendiri yaitu KTP atau KK asli serta foto kopi KTP dan KK. Selanjutnya akan diverifikasi oleh petugas yang telah mereka siapkan. (251)