Kantor Bawaslu Lebong Didemo

ERICK/BE
AKSI DAMAI : PMII dan aliansi mahasiswa Kabupaten Lebong ketika menggelar aksi damai di depan kantor Bawaslu, kemarin (3/2).

Diduga Lantik Anggota Parpol Jadi Panwascam

LEBONG, bengkuluekspress.com – Belasan massa yang tergabung dalam aliansi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Aliansi Mahasiswa Kabupaten Lebong menggelar aksi demo secara damai di depan kantor Bawaslu Lebong, kemarin (3/2). Karena Bawaslu diduga melantik anggota partai politik (Parpol) sebagai Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Topos. Para massa membawa spanduk dan kertas karton yang bertulis Hendri dan Bobi Saputra merupakan anggota salah satu parpol. Massa menuntut Bawaslu untuk bekerja profesional dan netral dalam menciptakan Pilkada yang berkualitas. Kemudian mendesak Bawaslu agar merevisi kembali perekrutan anggota Panwascam Kabupaten Lebong dan menuntaskan anggota parpol menjadi Panwascam di Kecamatan Topos.

“Itu yang kami tuntut dan kami minta kepada Bawaslu yang terhormat untuk mendengarkan dan menjalankan apa yang kami minta,” ucap koordinator lapangan (Korlap) aksi damai, A’an Ade Putra, kemarin (03/02).

Menyikapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto SP mengatakan, untuk perekrutan anggota Panwascam yang telah dilakukan oleh pihaknya sudah sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada. Namun dengan digelarnya aksi dari para pendemo, pihaknya akan menindaklanjutinya.

“Apa yang telah kita sampaikan akan kita tindak lanjuti,” ujarnyaJefriyanto menjelaskan, aksi damai merupakan salah satu bentuk demokrasi serta terlihat adanya partisipasi dari masyarakat dalam mengawasi tahapan demi tahapan dalam menggelar Pilkada yang akan dilaksanakan di tahun 2020 ini.
“Teman-teman (para pendemo) meminta Bawaslu selalu profesional dan netarlitas,” tutup Jefriyanto.(614)